Headlines News :
Home » » Membahagiaan Ortu (Rizka)

Membahagiaan Ortu (Rizka)

Written By Aajum on Tuesday, May 7, 2013 | 11:18 PM


Assalamu’alaikum.wr.wb
Segalapujibagi Allah SWT Yang telahmenghidupkankita,kemudianmemberikitapetunjuk, Yang telahmenurunkanrizkiuntukkita, danapabilakitasakit,makaDia-lah Yang menyembuhkannnya.
Wahaikaummuslimin yang dirahmati Allah..
Kita seoranganak yang dilahirkandarirahimseorangibu.Kita-lahseoranganak yang pernahdiasuholehibudan ayah.Merekamengasuhkitadenganpenuhkasihsayang, penuhdenganperjuanganhanya demi kebahagiaanhidupkita.
Sungguhtidakpantasbagikitajikasampaimerasasombongterhadapkeduaorangtuakita, tidakpantas pula melupakankebaikanmerekaselamaini. Janganlahsekali-kali kitaberfikirkeduaorangtuadiacuhkan, dilalaikan, diabaikanbegitusaja, ataubahkan di pantijompokan.Sesungguhnyaapa yang kitacapaisekaranginitidakterlepasdariperankeduaorangtua yang merupakankeberhasilandanpencapaiankita. Lantasadakahniatdalambenakkitauntukmembahagiakanhidupmereka?
Firman Allah dalamsurat AL-Isro’ Ayat 23:                    


“Dan Rabb-mu telahmemerintahkan agar kamujanganmenyembahselainDia, danhendaklahberbuatbaikkepadaibudanbapakmu.Jikasalahseorangdiantarakeduanyaataukedua-duanyasampaiberusialanjutdalampemeliharaanmu, makajanganlahsekali-kali mengatakankepadakeduanyaperkataan “ah” danjanganlahmembentakkeduanya, danucapkanlahkepadakeduanyaperkataan yang baik.” (Al-Isro’:23)
Wahaikaummuslimin yang dirahmati Allah..
Jikakitamenginginkankebahagiaankeduaorangtuakita yang tidakhanyaterbatas di duniasajatapijugabisaberlanjutsampai di akherat, makahendaknyakitamengamalkantuntunanRasulullah saw. Dalamhaditsriwayat Imam Hakim, beliaRasulullah saw bersabda:
“Sesungguhnya  Allahswtmengangkatderajatseoranghamba yang sholeh di surga. Kemudianiaberkata: “YaRabb, bagaimanabisaakumendapatkanini?” Kemudian Allah berkata: “Itudikarenakanistighfaranakmu yang dipanjatkanuntukmu.”
Ada beberapahal yang bisakitalakukanuntukkeduaorangtua, agar kelakmerekabisamerasakankebahagiaan di surga:
1.      Banyakberdoauntukkeduanya.
2.      Berhaji /berumrohuntukkeduanya. Ada salahseorangsahabatmintaizinkepadaRasulullah saw agar iabisaberhajidanberumrohuntukbapaknya yang sudahtua. MakaRasulullahbersabda: “berhajilahuntukbapakmudanberumrohlah!”
3.      Berpuasauntukkeduanya (sebagaiqodo’ jikalaumerekameninggalkanpuasaRamadhankarenaudzursyar’i). Rasulullahbersabda: “Barangsiapa yang meninggalsedangiamempunyaihutangpuasamakahendaklahada yang berpuasauntuknya.”
Wahaikaummuslimin yang berbahagia..
Demikian yang bisasayasampaikan, kitaberdoamudah-mudahankelak Allah swtmengumpulkankitabersamakeduaorangtuakita di surgaNya yang abadi, sebagai Allah swtberfirman :


“Dan orang-orang beriman, besertaanakcucumereka yang mengikutimerekadalamkeimanan, (maka) akan kami pertemukanmerekadengananakcucumereka (di dalamsurga), dan kami tidakmengurangisedikitpunpahalaamal (kebajikan) mereka.Setiap orang terkaitdenganapa yang dikerjakannya.” (Ath-Thur : 21).
Wassalamu’alaikum.wr.wb
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INTISARI QUR'AN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger