SATUAN PENDIDIKAN : SMA
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MATERI POKOK : QS. Al – Baqarah : 148, Fathir : 32
KELAS / SEMESTER : XI / 1
A. Pertemuan Pertama
1. Standar Kompetensi :
Memahami ayat – ayat Al – Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan.
2. Kompetensi Dasar :
a. Membaca QS Al Baqoroh 148 dan QS Al Fatir 32
b. Menjelaskan arti QS Al Baqoroh 148 dan QS Al Fatir 32
c. Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqoroh 148 dan QS Al Fatir 32
3. Indikator :
a. Mampu membaca QS Al- Baqarah : 148 dan Fathir : 32 dengan baik dan benar
b. Mampu mengidentifikasi tajwid QS Al – Baqarah : 148 dan Fathir : 32
c. Mampu memberikan contoh lafal yang sesuai dengan ilmu tajwid
4. Tujuan Pembelajaran :
a. Mampu membaca QS Al- Baqarah : 148 dan Fathir : 32 dengan baik dan benar
b. Mampu mengidentifikasi tajwid QS Al – Baqarah : 148 dan Fathir : 32
c. Mampu memberikan contoh lafal yang sesuai dengan ilmu tajwid
5. Uraian Materi
a. Bacaan
NO | URAIAN MATERI |
1 | QS. AL-BAQARAH 148 9e@ä3Ï9ur îpygô_Ír uqèd $pkŽÏj9uqãB ( (#qà)Î7tFó™$$sù ÏNºuŽö�y‚ø9$# 4 tûøïr& $tB (#qçRqä3s? ÏNù'tƒ ãNä3Î ª!$# $·èŠÏJy_ 4 ¨bÎ) ©!$# 4’n?tã Èe@ä. &äóÓx« Ö�ƒÏ‰s% ÇÊÍÑ |
2 | Terjemah QS Al-Baqarah 148 Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu. |
3 | QS FATHIR 32 §NèO $uZøOu‘÷rr& |=»tGÅ3ø9$# tûïÏ%©!$# $uZøŠxÿsÜô¹$# ô`ÏB $tRÏŠ$t7Ïã ( óOßg÷YÏJsù ÒOÏ9$sß ¾ÏmÅ¡øÿuZÏj9 Nåk÷]ÏBur Ó‰ÅÁtFø)•B öNåk÷]ÏBur 7,Î/$y™ ÏNºuŽö�y‚ø9$$Î/ ÈbøŒÎ*Î/ «!$# 4 š�Ï9ºsŒ uqèd ã@ôÒxÿø9$# çŽ�Î7x6ø9$# ÇÌËÈ |
4 | Terjemah QS Fathir 32 Kemudian Kitab itu kami wariskan kepada orang-orang yang kami pilih di antara hamba-hamba kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan[1260] dengan izin Allah. yang demikian itu adalah karunia yang amat besar. [1260] yang dimaksud dengan Orang yang menganiaya dirinya sendiri ialah orang yang lebih banyak kesalahannya daripada kebaikannya, dan pertengahan ialah orang-orang yang kebaikannya berbanding dengan kesalahannya, sedang yang dimaksud dengan orang-orang yang lebih dahulu dalam berbuat kebaikan ialah orang-orang yang kebaikannya amat banyak dan amat jarang berbuat kesalahan. |
b. Identifikasi Tajwid
LAFADZ | HUKUM BACAAN | SEBAB / ALASAN |
îpygô_Ír@ä3Ï9ur u $pkŽÏj9uqãB ÏNºuŽö�y‚ø9$#(#qà)Î7tFó™$$sù $tB ( tûøïr& #qçRqä3s? Ï ª!$#ãNä3ÎNù'tƒ $·èŠÏJy_ 4 ©!$# ¨bÎ) 4Ö�ƒÏ‰s%&äóÓx« | Idghom Bighunnah Mad Thobi’i Al-Qomariyah Mad Thabi’i Mad Thobi’i Lam Tafhim Mad Iwadh Ghunnah Ikhfa | Kasrah tanwin bertemu huruf WAWU Ya mati jatuh setelah kasrah/ alif jatuh setelah fathah Alif Lam bertemu huruf KHA Alf jatuh setelah fathah Wawu mati jatuh setelah dhommah setlah huruf Lam jalalah jatuh setelah harakat dhommah. Fathah Tanwin di akhir kalimat dibaca wakaf. Nun bertasydid Kasrah tanwin bertemu huruf Qaf. |
$uZøOu‘÷rr&§NèO |=»tGÅ3ø9$# tûïÏ%©!$# $uZøŠxÿsÜô¹$# $tRÏŠ$t7Ïãô`ÏB ÏmÅ¡øÿuZÏj9 (ÒOÏ9$sß ¾óOßg÷YÏJsù ÒÏÓ ‰ÅÁtFø)•BNåk÷]ÏBur ÏNºuŽö�y‚ø9$$Î/ ö 7,Î/$y™Nåk÷]ÏBu «!$# 4 šbøŒÎ*Î/ çŽ�Î7x6ø9$#ã@ôÒxÿø9$# | Ghunnah Al-Qomariyah Mad Thabi’i Mad Thabi’i Idhar Idhar dan Idhar Syafawi Idgham Mutamatsilain Iqlab Lam Tarqiq Mad ‘aridh lissukun | Mim bertasydid. Huruf Alif lam bertemu Kaf Ya sukun jatuh setelah kasrah Alif jatuh setelah fathah Nun mati bertemu ‘Ain Nun mati bertemun Ha / Mim mati bertemu Dhad Mim mati bertemu mim Dhomah tanwin bertemu huruf Ba Lam jalalah jatuh setelah harakat kasrah Mad thabi’i di akhir kalimat dan dibaca waqaf. |
6. Metode Pembelajaran :
a. Ceramah,
b. Drill,
c. Penugasan,
d. Tanya jawab.
7. Langkah-Langkah :
a. Pendahuluan
Ø Salam dan do’a awal pembelajaran
Ø Tadarus QS Al – Baqarah : 148 dan Fathir : 32
Ø Apersepsi dan motivasi :
1. S. Termasuk surat yang keberapakah QS. Al-Baqarah itu ? dan berapa jumlah ayatnya ?
2. J : Surat yang ke dua, 286 ayat.
3. S : Apakah yang dimaksud berlomba-lomba dalam kebaikan ?
4. J : Yaitu kita berupaya sekuat tenaga untuk menjadi yang terdepan dalam mempelopori perbuatan baik, kapan dan di mana saja.
b. Kegiatan Inti
Ø Guru membuat kelompok kecil 4-6 orang siswa
Ø Siswa mendiskusikan cara membaca,mengidentifikasi tajwid
Ø Guru menjelaskan isi kandungan QS Al Baqoroh 148 dan QS Al Fatir 32
Ø Sebahagian perwakilan kelompok kecil siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya
Ø Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya,guru menjawab
c. Penutup
Ø Guru membimbing siswa dalam menyimpulkan materi yang disampaikan
Ø Guru memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa untuk memperoleh gambaran pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan.
Ø Evaluasi ( tugas individu / LKS )
8. Sumber pembelajaran :
a. Al-Qur’an dan terjemahnya,
b. Buku PAI,
c. Buku Tajwid
9. Penilaian :
a. Tehnik : Tes awal, tes inti, tes akhir.
b. Bentuk : Tes awal ( lisan ), tes inti ( lisan dan tulisan ), tes akhir ( tulis)
c. Instrumen :
1) Lisan : membaca,
2) Tulis : menulis kalimat ( potongan ayat ), hukum bacaan dan alasan.
3) Instrumen soal pertemuan pertama
SOAL-SOAL Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d atau e sesuai jawaban yang paling tepat ! | ||||||
1 | Setiap umat mempunyai kiblat masing-masing, kiblat Bani Israil menghadap … a. Ka’bah b. Makah c. Baitul Maqdis d. Madinah e. Yerussalem | |||||
2 | Kiblat umat Islam menghadap a. Ka’bah b. Makah c. Baitul Maqdis d. Madinah e. Yerussalem | |||||
3 | Kandungan surat Al-Baqarah ayat 148 memberitahukan umat manusia untuk … a. berbakti kepada orang tua b. mendirikan shalat c. mengeluarkan zakat d. beromba-lomba dalamkebaikan e. tidak berbuat syirik | |||||
4 | Perintah ta’awun adalah perintah untuk … a. saling bermusuhan b. berbuat baik c. menuntut ilmu d. bsersedekah e. shalat | |||||
5 | Salah satu bentuk dari berbuat baik adalah … a. penggususuran daerah kumuh dan miskin b. penggundulan hutang tanpa perhitungan c. meringankan penderitaan orang lain d. membantu teman yang sedang tawuran e. membelikan rokok utnuk teman | |||||
6 | Sempurnakan ayat berikut ini ! 9e@ä3Ï9ur îpygô_Ír uqèd $pkŽÏj9uqãB ………. a. (#qà)Î7tFó™$$sù a. Ïa NºuŽö�y‚ø9$# 4 tûøïr& $tB b. (#qçRqä3s? ÏNù'tƒ ãNä3Î/ ª!$# c. $·èŠÏJy_ 4 ¨bÎ) ©!$# 4’n?tã d. Èe@ä. &äóÓx« e. Ö�ƒÏ‰s% | |||||
7 | Hukum bacaan pada kalimat yang digaris bawah adalah … 9e@ä3Ï9ur îpygô_Ír uqèd $pkŽÏj9uqãB ( (#qà)Î7tFó™$$sù ÏNºuŽö�y‚ø9$# 4 tûøïr& $tB (#qçRqä3s? ÏNù'tƒ ãNä3Î/ ª!$# $·èŠÏJy_ 4 ¨bÎ) ©!$# 4’n?tã Èe@ä. &äóÓx« Ö�ƒÏ‰s% ÇÊÍÑÈ
| |||||
8 | Berbuat kepada semua manusia hukumnya adalah …
| |||||
9 | Potongan ayat-ayat di bawah ini adalah masih acak, tertibkanlah dengan mengurutkan sesuai angka-angka yang tepat !
| |||||
10 | Orang yang selalu lebih dulu melakukan kebaikan disebut …
| |||||
URAIAN | ||||||
1 | Salin dan berilah harakat pada ayat dibawah ini ! §NèO $uZøOu‘÷rr& |=»tGÅ3ø9$# tûïÏ%©!$# $uZøŠxÿsÜô¹$# ô`ÏB $tRÏŠ$t7Ïã ( óOßg÷YÏJsù ÒOÏ9$sß ¾ÏmÅ¡øÿuZÏj9 Nåk÷]ÏBur Ó‰ÅÁtFø)•B öNåk÷]ÏBur 7,Î/$y™ ÏNºuŽö�y‚ø9$$Î/ ÈbøŒÎ*Î/ «!$# 4 š�Ï9ºsŒ uqèd ã@ôÒxÿø9$# çŽ�Î7x6ø9$# ÇÌËÈ | |||||
2 | Sebutkan bacaan tajwidnya pada kalimat yang digaris bawah ! | |||||
3 | Bagaimana cara membaca kalimat dibawah ini sesuai dengan ilmu tajwid ?
|
B. Pertemuan Kedua
1. Standar Kompetensi :
Memahami ayat – ayat Al – Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan.
2. Kompetensi Dasar :
a. Membaca QS Al Baqoroh 148 dan QS Al Fatir 32
b. Menjelaskan arti QS Al Baqoroh 148 dan QS Al Fatir 3
c. Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqoroh 148 dan QS Al Fatir 32
3. Indikator :
a. Mampu menterjemahkan secara mufrodat QS Al Baqoroh 148 dan Al Fathir 32
b. Mampu menterjemahkan secara ijmal QS Al Baqoroh 148 dan Al Fathir 32
c. Mampu menggali kandungan QS Al Baqoroh 148 dan Al Fathir 32 tentang anjuran berlomba dalam kebaikan.
d. Mamou menerapkan QS Al Baqoroh 148 dan Al Fathir 32 tentang anjuran berlomba dalam kebaikan.
4. Tujuan Pembelajaran :
a. Mampu menterjemahkan secara mufrodat QS Al Baqoroh 148 dan Al Fathir 32
b. Mampu menterjemahkan secara ijmal QS Al Baqoroh 148 dan Al Fathir 32
c. Mampu menggali kandungan QS Al Baqoroh 148 dan Al Fathir 32 tentang anjuran berlomba dalam kebaikan.
d. Mampu menerapkan QS Al Baqoroh 148 dan Al Fathir 32 tentang anjuran berlomba dalam kebaikan.
5. Uraian Materi
a. Mufrodat
NO | LAFADZ | TERJEMAH |
1 | 9e@ä3Ï9ur îpygô_Ír uqèd $pkŽÏj9uqãB ( (#qà)Î7tFó™$$sù ÏNºuŽö�y‚ø9$# 4 tûøïr& $tB ( #qçRqä3s? ÏNù'tƒ ãNä3Î ª!$# $·èŠÏJy_ 4 ¨bÎ) ©!$# 4’n?tã Èe@ä. & äóÓx« Ö�ƒÏ‰s% ÇÊÍÑ | Dan bagi tiap-tiap umat ada kiblatnya (sendiri) yang ia menghadap kepadanya. Maka berlomba-lombalah (dalam membuat) kebaikan. di mana saja kamu berada pasti Allah akan mengumpulkan kamu sekalian (pada hari kiamat). Sesungguhnya Allah atas segala sesuatu Maha Kuasa |
2 | §NèO $uZøOu‘÷rr& |=»tGÅ3ø9$# tûïÏ%©!$# $uZøŠxÿsÜô¹$# ô`ÏB $tRÏŠ$t7Ïã Oßg÷YÏJsù ÒOÏ9$sß ¾ÏmÅ¡øÿuZÏj9 Nåk÷]ÏBur ‰ÅÁtFø)•B öNåk÷]ÏBur 7 ,Î/$y™ ÏNºuŽö�y‚ø9$$Î/ ÈbøŒÎ*Î/ «!$# 4 š�Ï9ºsŒ u qèd ã@ôÒxÿø9$# çŽ�Î7x6ø9$# | Kemudian Kitab itu kami wariskan kepada orang-orang yang kami pilih di antara hamba-hamba kami, lalu di antara mereka ada yang menganiaya diri mereka sendiri dan di antara mereka ada yang pertengahan dan diantara mereka ada (pula) yang lebih dahulu berbuat kebaikan[1260] dengan izin Allah. yang demikian itu adalah karunia yang amat besar. |
b. Terjemah
6. Metode Pembelajaran :
a. Ceramah,
b. Drill,
c. penugasan,
d. tanya jawab.
7. Langkah-Langkah :
a. Pendahuluan
Ø Salam dan membaca do’a.
Ø Tadarrus QS. Al-Baqarah 148 dan QS Fathir 32.
Ø Appersepsi dan motifasi :
1. S. Apakah Fastabiqul Khaerat itu ?
J : Yaitu berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan.
2. S. Bagaimana jika seseorang tidak mau berbuat kebajikan ?
J : Orang tersebut dhalim, dan masuk neraka.
b. Kegiatan Inti.
Ø Guru menjelaskan isi kandungan QS. Al-Baqarah 148 dan QS Fathir 32
Ø Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan guru menjawab
Ø Guru memberikan tugas diskusi kelompok ( 4 – 5 siswa ), dan dipresentasikan
Ø Guru dan siswa lain menanggapi hasil presentasi.
c. Penutup
Ø Guru membimbing siswa dalam menyimpulkan materi yang disampaikan
Ø Guru memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa untuk memperoleh gambaran pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan.
Ø Evaluasi ( tugas individu / LKS )
8. Sumber pembelajaran :
a. Al-Qur’an dan terjemahnya,
b. Buku PAI,
c. Buku Tajwid.
9. Penilaian :
a. Tehnik : Tes awal, tes inti, tes akhir.
b. Bentuk : Tes awal ( lisan ), tes inti ( lisan dan tulisan ), tes akhir ( tulis)
c. Instrumen :
1) Lisan : membaca,
2) Tulis : menulis kalimat ( potongan ayat ), hukum bacaan dan alasan.
3) Instrumen soal pertemuan kedua
SOAL-SOAL | |||
1 | Potongan QS Al-Baqarah ayat 148 “ ÏNºuŽö�y‚ø9$# #qà)Î7tFó™$$sù “ mengandung arti … a. menuntut ilmu pengetahuan b. disiplin dalam salat c. berlomba-lomba dalamm kebaikan d. berbuat baik kepada orang tua e. belajar dengan tekun | ||
2 | Kalimat di bawah ini yang mengandung makna “ dimana saja kamu berada “
| ||
3 | Kata “ Ashthofaina “ yang terdapat dalam QS. Fathir 32 mengandung arti yang kami …. a. tetapkan b. berikan c. pilih d. hukum e. contohkan | ||
4 | Potongan QS Fathir ayat 32 “¾ÏmÅ¡øÿuZÏj9 OÏ9$sß “ mengandung arti …… a. menganiaya diri sendiri b. pertengahan c. terdahulu berbuat baik d. keutamaan yang besar e. kerja keras | ||
5 | Kalimat di bawah ini yang mengandung makna “ keutamaan yang besar adalah ……..
| ||
6 | Berdasarkan Qs. Fathir ayat 32, kelompok yang disebut “ Dhalimun Linafsih “ adalah .. a. Melakukan kebaikan terus b. Melakukan kejahatan lebih banyak c. Melakukan kebaikan lebih banyak d. Kejahatan sebanding dengan kebaikan e. Pertengahan | ||
7 | Berdasarkan Qs. Fathir ayat 32, kelompok yang disebut “ muqtashid “ adalah … a. Melakukan kebaikan terus b. Melakukan kejahatan lebih banyak c. Melakukan kebaikan lebih banyak d. Kejahatan sebanding dengan kebaikan e. Pertengahan | ||
8 | Berdasarkan Qs. Fathir 32, kelompok yang disebut “ Saabiqun Bil Khoir “ adalah … a. Melakukan maksiyat terus b. Melakukan kejahatan lebih banyak c. Melakukan kebaikan lebih banyak d. Kejahatan sebanding dengan kebaikan e. Pertengahan | ||
9 | Ganjaran/ pahala bagi orang yang melakukan kebaikan lebih banyak dari kejahatannya menurut Qs Fathir ayat 32-33 adalah .. a. surga Na’im b. surga “And c. surga dunia d. neraka jahim e. antara surga dan neraka | ||
10 | Sebagai pelajar yang Sabiqun Bl Khoir, maka dalam hal berangkat ke sekoah …
| ||
URAIAN | |||
1 | Terjemahkan QS Al-Baqarah ayat 148 di bawah ini ! 9e@ä3Ï9ur îpygô_Ír uqèd $pkŽÏj9uqãB ( (#qà)Î7tFó™$$sù ÏNºuŽö�y‚ø9$# 4 tûøïr& $tB (#qçRqä3s? ÏNù'tƒ ãNä3Î/ ª!$# $·èŠÏJy_ 4 ¨bÎ) ©!$# 4’n?tã Èe@ä. &äóÓx« Ö�ƒÏ‰s% | ||
2 | Apa kandungan QS Al-Baqarah ayat 148 ? | ||
3 | Apa yang dimakud dengan
| ||
4 | Apa hukuman bagi orang yang tergolong Dhalimun Linafsihi ? | ||
5 | Apa ganjaran bagi kelompok Saabiqun Bil khoir ? |
C. Pertemuan Ketiga
1. Standar Kompetensi :
Memahami ayat – ayat Al – Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan.
2. Kompetensi Dasar :
a. Membaca QS Al Baqoroh 148 dan QS Al Fatir 32
b. Menjelaskan arti QS Al Baqoroh 148 dan QS Al Fatir 32
c. Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al Baqoroh 148 dan QS Al Fatir 32
3. Indikator :
Mampu menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al- Baqarah : 148 dan Fathir : 32
Mampu menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al- Baqarah : 148 dan Fathir : 32
4. Tujuan Pembelajaran :
Mampu menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS Al- Baqarah : 148 dan Fathir : 32.
5. Uraian Materi
A | Memotivasi siswa berfikir untuk mencari contoh perbuatan / perilaku yang termasuk berkompetisi dalam kebaikan dalam kehidupan di kelas, di kelas, di masyarakat, dan lain-lain melalui tanya jawab. |
B | Guru menugaskan kepada siswa secara individual untuk mengidentifikasi perbuatan / perilaku sehari-hari yang sudah mencerminkan berkompetisi dalam kebaikan. |
C | Guru menugaskan kepada siswa secara berkelompok untuk mengidentifikasi perbuatan/ perilaku sehari-hari yang belum mencerminkan berkompetisi dalam kebaikan. |
D | Guru Guru menugaskan kepada siswa secara berkelompok untuk mencari jalan keluar/ solusi untuk menjauhi perbuatan yang tidak mencerminkan berkompetisi dalam kebaikan. |
E | Guru mempersilahkan kepada perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok. |
F | Guru mempersilahkan kepada siswa yang lain untuk menyampaikan pendapa/ pertanyaan. |
6. Metode Pembelajaran :
a. Ceramah,
b. Diskusi,
c. tanya jawab.
7. Langkah-Langkah Pembelajaran :
a. Pendahuluan
Ø Salam dan do’a awal pembelajaran
Ø Tadarus QS Al – Baqarah : 148 dan Fathir : 32
Ø Apersepsi dan motivasidepan
1) S. Siapakah yang tergolong orang yang SAABIQUN BIL KHAER ?
2) j : Yaitu orang yang di depan dalam berbuat kebajikan, misal shalat datang paling awal ( adzan ).
3) S : Siapakah orang yang Dlalim ?
4) J : Orang yang tidak mau shalat, zakat, puasa, dan lain-lain.
b. Kegiatan Inti
Ø | Memotivasi siswa berfikir untuk mencari contoh perbuatan / perilaku yang termasuk berkompetisi dalam kebaikan dalam kehidupan di kelas, di kelas, di masyarakat, dan lain-lain melalui tanya jawab. |
Ø | Guru menugaskan kepada siswa secara individual untuk mengidentifikasi perbuatan / perilaku sehari-hari yang sudah mencerminkan berkompetisi dalam kebaikan. |
Ø | Guru menugaskan kepada siswa secara berkelompok untuk mengidentifikasi perbuatan/ perilaku sehari-hari yang belum mencerminkan berkompetisi dalam kebaikan. |
Ø | Guru Guru menugaskan kepada siswa secara berkelompok untuk mencari jalan keluar/ solusi untuk menjauhi perbuatan yang tidak mencerminkan berkompetisi dalam kebaikan. |
Ø | Guru mempersilahkan kepada perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok. |
Ø | Guru mempersilahkan kepada siswa yang lain untuk menyampaikan pendapa/ pertanyaan. |
Ø | Guru memyimpulkan materi tentang berkompetisi dalam kebaikan. |
c. Penutup
Ø Guru membimbing siswa dalam menyimpulkan materi yang disampaikan
Ø Guru memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa untuk memperoleh gambaran pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan.
Ø Evaluasi ( tugas individu / LKS )
8. Sumber Pelajaran :
a. Al-Qur’an,
b. Buku Pelajaran PAI, dan
c. Buku penunjang yang relevan ( Fiqh Sunah ).
9. Penilaian :
a. Tehnik : Tes awal, tes inti, tes akhir.
b. Bentuk : Tes awal ( lisan ), tes inti ( lisan dan tulisan ), tes akhir ( tulis)
c. Instrumen :
1) Lisan : membaca,
2) Tulis : menulis kalimat ( potongan ayat ), hukum bacaan dan alasan.
3) Instrumen soal pertemuan ketiga
Guru mengadakan penilaian perbuatan siswa sehari-hari baik di dalam kelas, di luar kelas dan di luar sekolah.
Cilacap, | |
Mengetahui, | Guru Mata Pelajaran |
Kepala Sekolah ......................... | .................................................. |
Post a Comment