SATUAN PENDIDIKAN : SMA
MATA PELAJARAN : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MATERI POKOK : AL-QUR’AN (QS.Al-An’am: 162-163,
QS.Al-Bayyinah: 5).
KELAS / SEMESTER : X / 1
A. Pertemuan Pertama ( 2 X 45 menit ).
1. Standar Kompetensi :
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dalam beribadah.
2. Kompetensi Dasar :
a. Membaca QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5
b. Menyebutkan arti QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5
3. Indikator :
a. Mampu membaca QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5 dengan baik dan benar.
b. Mampu meng identifikasi tajwid QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5.
c. Mampu mengartikan masing masing kata yang terdapat dalam QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5
d. Mampu mengartikan ayat QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5
4. Tujuan pembelajaran:
a. Dapat membaca QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5 dengan baik dan benar.
b. Dapat meng identifikasi tajwid QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5.
c. Dapat mengartikan masing masing kata yang terdapat dalam QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5
d. Dapat mengartikan ayat QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5
5. Materi belajar :
a. Membaca dan mengidentifikasi tajwid.
1) QS. QS.Al-An’am: 162 :
ö@è% ¨bÎ) ’ÎAŸx|¹ ’Å5Ý¡èSur y“$u‹øtxCur †ÎA$yJtBur ¬! Éb>u‘ tûüÏHs>»yèø9$# ÇÊÏËÈ
REVISI TABLE
Alasan | Hukum bacaan | Dibaca | Kalimat |
perintah | amar | Qul | @è% |
Nun syaddah, alif sesudah fathah, ya’ sesudah kasrah. | Ghunnah,mad thabi’i | Inna shalaatii | ’ÎAŸx|¹bÎ) |
Ja’ sesudah kasrah. | Mad thabi’i | Wa nusukii | ’Å5Ý¡èSur |
alif sesudah fathah | Mad thabi’i | Wa mahyaaya | “$u‹øtxCur |
alif sesudah fathah, ya’ sesudah kasrah. | Mad thabi’i | Wa mamaatii | †ÎA$yJtBur |
Lam dobel diawali kasroh, al dibaca jelas, mad thabi’I diakhir ayat. | Lam jalalah, al qamariyah, mad ‘aridh lissukun. | Lillaahi rabbil ‘aalamiin | ¬! Éb>u‘ tûüÏHs>»yèø9$# |
2) QS. QS.Al-An’am: 163 :
Ÿw y7ƒÎŽŸ° ¼çms9 ( y7Ï9ºx‹Î/ur ßNö�ÏBé& O$tRr&ur ãA¨rr& tûüÏHÍ>ó¡çRùQ$# ÇÊÏÌÈ
REVISI TABLE
.
ôAlasan | Hukum bacaan | Dibaca | Kalimat |
alif sesudah fathah, ya’ sesudah kasrah | Mad thabi’i | Laa syariika lahu | Ÿw y7ƒÎŽŸ° ¼çms9 |
alif sesudah fathah. | Mad thabi’i | Wa bidzaalika umirtu | 7Ï9ºx‹Î/ur Nö�ÏBé&ß |
Mad thabi’I diakhir ayat. | Mad ‘aridh lissukun. | Wa ana awwalul mslimiin | O$tRr&ur ãA¨rr& tûüÏHÍ>ó¡çRùQ$# |
3) QS. Al-Bayyinah: 5.
!$tBur (#ÿrâ�ÉDé& žwÎ) (#r߉ç6÷èu‹Ï9 ©!$# tûüÅÁÎ=øƒèC ã&s! tûïÏe$!$# uä!$xÿuZãm (#qßJ‹É)ãƒur no4qn=¢Á9$# (#qè?÷sãƒur no4qx.¨“9$# 4 y7Ï9ºsŒur ß`ƒÏŠ ÏpyJÍhŠs)ø9$# ÇÎÈ
REVISI TABLE
Kalimat | Dibaca | Hukum Bacaan | Alasan |
!$tBur (#ÿrâ�ÉDé& žv | Wamaa umiruu | Mad jaiz munfasil | Mad yang diiringi hamzah dilain kalimat. |
žwÎ) (#r߉ç6÷èu‹Ï9 ©!$# | Illaa liya’budullaaha | Lam jalalah | Lam dobel yang berada setelah dlommah. |
ûüÅÁÎ=øƒèC | mukhlishiina | Mad thabi’i | Ya’ mati seteah kasrah. |
ã&s! tûïÏe$!$# uä!$xÿuZãm | Lahud diina hunafaa-a | Mad wajib munfashil | Mad yang diiringi hamzah dalam stu kalimat. |
#qßJ‹É)ãƒur no4qn=¢Á9$# (v | Wa yuqiimush shalaata | Mad thabi’i | Ya’ mati setelah kasrah. |
#qè?÷sãƒur no4qx.¨“9$# 4 yv | Wa yu’tuz zakaata | ||
y7Ï9ºsŒur ß`ƒÏŠ ÏpyJÍhŠs)ø9$# | Wa dzaalika diinul qayyimah | Mad thabi’i, al qamariyah. | Ya’ mati setelah kasrah, al dibaca jelas. |
b. Mengartikan ayat dan masing masing kata :
1) QS. Al-An’am: 162
ö@è% ¨bÎ) ’ÎAŸx|¹ ’Å5Ý¡èSur y“$u‹øtxCur †ÎA$yJtBur ¬! Éb>u‘ tûüÏHs>»yèø9$# ÇÊÏËÈ
Artinya: Katakanlah: Sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.
REVISI TABLE
@è% | Katakanlah | “$u‹øtxCur | Dan hidupku |
’ÎAŸx|¹bÎ) | Sesungguhnya shalatku | †ÎA$yJtBur | Dan matiku |
’Å5Ý¡èSur | Dan ibadahku | ¬! Éb>u‘ tûüÏHs>»yèø9$# | Hanyalah untuk Allah Tuhan semesta alam |
2) QS. Al-An’am: 163:
Ÿw y7ƒÎŽŸ° ¼çms9 ( y7Ï9ºx‹Î/ur ßNö�ÏBé& O$tRr&ur ãA¨rr& tûüÏHÍ>ó¡çRùQ$# ÇÊÏÌÈ
Artinya: Tiada sekutu bagiNya; dan demikian Itulah yang diperintahkan kepadaku dan Aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)".
REVISI TABLE
Dibaca | Kalimat |
Tiada sekutu bagiNya | Ÿw y7ƒÎŽŸ° ¼çms9 |
dan demikian Itulah yang diperintahkan kepadaku | 7Ï9ºx‹Î/ur Nö�ÏBé&ß |
dan Aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri (kepada Allah)". | O$tRr&ur ãA¨rr& tûüÏHÍ>ó¡çRùQ$# |
3) QS.Al-Bayyinah: 5
!$tBur (#ÿrâ�ÉDé& žwÎ) (#r߉ç6÷èu‹Ï9 ©!$# tûüÅÁÎ=øƒèC ã&s! tûïÏe$!$# uä!$xÿuZãm (#qßJ‹É)ãƒur no4qn=¢Á9$# (#qè?÷sãƒur no4qx.¨“9$# 4 7Ï9ºsŒur ß`ƒÏŠ ÏpyJÍhŠs)ø9$# ÇÎÈ
Artinya: Padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus[1595], dan supaya mereka mendirikan shalat dan menunaikan zakat; dan yang demikian Itulah agama yang lurus.
REVISI TABLE
!$tBur (#ÿrâ�ÉDé& žv | Padahal mereka tidak disuruh | #qßJ‹É)ãƒur no4qn=¢Á9$# (v | dan supaya mereka mendirikan shalat |
žwÎ) (#r߉ç6÷èu‹Ï9 ©!$# | kecuali supaya menyembah Allah | #qè?÷sãƒur no4qx.¨“9$# 4 yv | dan menunaikan zakat |
ûüÅÁÎ=øƒèC | dengan memurnikan ketaatan | y7Ï9ºsŒur ß`ƒÏŠ ÏpyJÍhŠs)ø9$# | dan yang demikian Itulah agama yang lurus. |
&s! tûïÏe$!$# uä!$xÿuZãm | kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus | ã |
6. Metodel Pembelajaran :
a. Bimbingan,
b. diskusi dan
c. ceramah.
7. Langkah-langkah pembelajaran :
a. Pendahuluan ( 10 menit ).
1) Salam dan membaca do’a / membaca Al-Fatehah.
2) Tadarus QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5
3) Appersepsi dan motivasi:
1) S : Surat ke berapa QS Al-An’am. ?
2) J : QS. Al-Baqarah surat ke ...
3) S : Surat ke berapa QS. Al-Bayyinah.?
4) J : QS. Al-Mu’minun surat ke ...
b. Kegiatan inti ( 35 menit ).
1) Guru memberikan contoh membaca QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5
2) Guru memberikan contoh membaca dan mengartikan setiap kalimat QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5
3) Guru membentuk kelompok, setiap kelompok terdiri 4 siswa, setiap kelompok mencari satu hukum bacaan pada QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5
1) Kelompok 1 : mencari hukum bacaan idzhar .
2) Kelompok 2 : mencari hukum bacaan ihfa’dan iqlab.
3) Kelompok 3 : mencari hukum bacaan idhgham bighunnah
4) Kelompok 4 : mencari hukum bacaan idhghom ila ghunnah.
5) Kelompok 5 : mencari hukum bacaan qalqalah.
6) Kelompok 6 : mencari kalimat yang terdapat huruf-huruf tarqiq dan tafhim.
7) Kelompok 7 : mencari mad
8) Kelompok 8 : mencari arti setiap kata pada QS.Al-An’am: 162
9) Kelompok 9 : mencari. arti setiap kata pada QS.Al-An’am: 163.
10) Kelompok 10: mencari arti setiap kata pada QS. .Al-Bayyinah: 5
4) Setiap kelompok menulis hasilnya di papan tulis.
5) Posisi tempat duduk kembali seperti semula.
6) Guru memberi beberapa pertanyaan untuk menjajagi pemahaman tentang tajwid siswa pada QS.Al-An’am: 162-163,QS.Al-Bayyinah: 5.
1) Guru : Sebutkan kalimat yang mengandung hukum bacaan ihfa’ pada QS.Al-An’am: 162 !
2) Kelompok 1 : Tidak ada.
3) Guru : Sebutkan kalimat yang mengandung hukum bacaan qalqalah pada QS.Al-An’am: 163 !
4) Kelompok 2 : Tidak ada.
5) Guru : Sebutkan kalimat yang mengandung hukum bacaan ghunnah pada QS.Al-An’am: 162 !
6) Kelompok 3 : ’ÎAŸx|¹ bÎ) .
7) Guru melakukan refleksi, kesimpulan, mengoreksi dan tindak lanjut hasilnya.
c. Penutup ( 10 menit ).
1) Guru membimbing siswa membaca QS.Al-An’am: 162-163,
2) QS.Al-Bayyinah: 5 secara tartil.
3) Guru membimbing siswa meng identifikasi ulang tajwid QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5
4) Guru membimbing siswa mengartikan tiap kalimat dari QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5
8. Penilaian :
a. Tehnik : Tes awal, tes inti, tes ahir.
b. Bentuk : Tes awal (lisan), tes inti (lisan dan tulis), tes ahir (tulis
c. Instrumen :
1) Lisan : membaca ( 20 menit ).
Guru menugaskan tiap siswa membaca dan mengartikan satu kalimat dari QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5
2) Tulis : mengerjakan soal latihan ( 15 menit ).
3) Tugas dirumah : membaca dan mengartikan kembali QS.Al-An’am: 162-163,
QS.Al-Bayyinah: 5
4) Soal :
Isilah titik-titik dalam kolom dibawah ini !
REVISI TABLE
Kalimat/ayat | Artinya | Hukum bacaan | Alasan |
!$tBur (#ÿrâ�ÉDé& žv | ... | ... | ... |
žwÎ) (#r߉ç6÷èu‹Ï9 ©!$# | ... | ... | ... |
... | dengan memurnikan ketaatan | ... | ... |
&s! tûïÏe$!$# uä!$xÿuZãm | ... | ... | ... |
... | dan supaya mereka mendirikan shalat | ... | ... |
#qè?÷sãƒur no4qx.¨“9$# 4 yv | ... | ... | ... |
y7Ï9ºsŒur ß`ƒÏŠ ÏpyJÍhŠs)ø9$# | dan yang demikian Itulah agama yang lurus. | ... | ... |
REVISI TABLE
Kunci jawaban :
Kalimat/ayat | Artinya | Hukum bacaan | Alasan |
!$tBur (#ÿrâ�ÉDé& žv | Padahal mereka tidak disuruh | Mad jaiz munfasil | Mad yang diiringi hamzah dilain kalimat. |
žwÎ) (#r߉ç6÷èu‹Ï9 ©!$# | kecuali supaya menyembah Allah | Lam jalalah | Lam dobel yang berada setelah dlommah. |
ûüÅÁÎ=øƒèC | dengan memurnikan ketaatan | Mad thabi’i | Ya’ mati seteah kasrah. |
&s! tûïÏe$!$# uä!$xÿuZãm | kepada-Nya dalam (menjalankan) agama yang lurus | Mad wajib munfashil | Mad yang diiringi hamzah dalam stu kalimat. |
#qßJ‹É)ãƒur no4qn=¢Á9$# | dan supaya mereka mendirikan shalat | Mad thabi’i | Ya’ mati setelah kasrah. |
#qè?÷sãƒur no4qx.¨“9$# 4 yv | Dalam menunaikan zakat | ||
y7Ï9ºsŒur ß`ƒÏŠ ÏpyJÍhŠs)ø9$# | dan yang demikian Itulah agama yang lurus. | Mad thabi’i, al qamariyah. | Ya’ mati setelah kasrah, al dibaca jelas. |
5) Skor.
a) Skor soal lisan:
REVISI TABLE
No. | Kriteria penilaian | Nilai |
1. | Dapat membaca, menyebut hukum bacaan, menyebut alasan dengan benar | 10 |
2. | Dapat membaca benar; menyebut hukum bacaan &alasan salah satu benar | 9 |
3. | Dapat membaca benar; menyebut hukum bacaan &alasan tidak benar | 8 |
4. | Membaca salah, menyebut hukum bacaan &alasan benar | 7 |
5. | Membaca salah, menyebut hukum bacaan &alasan salah satu benar | 6 |
6. | Membaca, menyebut hukum bacaan, menyebut alasan tidak benar | 5 |
b) Skor soal tulis:
Jumlah kolom yang harus diisi 20
Scor nilai tiap kolom 1 : 1 X 20 = 20
Jadi nilai untuk soal tulis : 20 X 10 = 10
20
B. Pertemuan kedua ( 2 X 45 menit ).
1. Standar Kompetensi :
Memahami ayat-ayat Al-Qur’an tentang keikhlasan dlm beribadah.
2. Kompetensi Dasar :
Menampilkan perilaku ikhlas dalam beribadah seperti terkandung dalam pada QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5
3. Indikator :
a. Mampu meng identifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5
b. Mampu mempraktekkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah:
c. Mampu menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5
4. Tujuan pembelajaran:
a. Dapat meng identifikasi perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5
b. Dapat mempraktekkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai denganS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah:
c. Dapat menerapkan perilaku ikhlas dalam beribadah sesuai dengan QS.Al-An’am: 162-163, QS.Al-Bayyinah: 5
5. Materi belajar
Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok dan setiap kelompok diberi tugas yang berbeda.
6. Metode Pembelajaran :
a. Bimbingan langsung (Praktek shalat jama’ah).
7. Langkah-langkah pembelajaran :
a. Pendahuluan ( 25 menit ).
1) Salam dan membaca do’a / membaca Al-Fatehah.
2) Tadarus QS.Al-Baqarah 30, QS.AlMu’minun12-14, QS. Adz-Dzariyat 56, QS. An-Nahl: 78 ( tagihan )
b. Kegiatan inti ( 30 menit ).
Guru membagi siswa menjadi 5 kelompok.
1) Kelompok 1 : Mempraktekkan shalat Subuh berjama’ah dan ada yang masbuk .
2) Kelompok 2 : Mempraktekkan shalat Dhuhur berjama’ah dan ada yang masbuk
3) Kelompok 3 : Mempraktekkan shalat Ashar berjama’ah dan ada yang masbuk
4) Kelompok 4 : Mempraktekkan shalat Maghrib berjama’ah dan ada yang masbuk
5) Kelompok 5 : Mempraktekkan shalat Isya’ berjama’ah dan ada yang masbuk
c. Penutup ( 10 menit ).
Guru memberi pengarahan kepada siswa:
1) Agar tidak meninggalkan ibadah wajib seperti : shalat, puasa, zakat, haji kalau sudah mampu.
2) Agar selalu berusaha shalat berjama’ah karena pahalanya 27 kali lipat.
3) Menjelaskan cara shalat jama’ah masbuk yang benar.
8. Penilaian :
a. Tehnik : Tes awal, tes inti, tes ahir.
b. Bentuk : Tes awal (lisan), tes inti (lisan dan tulis), tes ahir (tulis).
c. Instrumen :
1) Lisan : membaca ( tagihan di pendahuluan ).
2) Tulis : membuat resume berupa laporan tentang jama’ah masbuk yang ketinggalan 2 raka’at pada shalat isya’ ( 30menit ).
3) Scor penilaian pada aspek Al-Qur’an tentang keikhlasan beribadah sebagai berikut :
a. Lesan ( pada pertemuan pertama ) = 10
b. Tulis (pada pertemuan pertama ) = 10
c. Resume (pada pertemuan kedua ) = 10
________________________+
Jumlah = 30
Nilai : 30 : 3 = 10
9. Sarana/alat belajar:
a. Papan tulis, spidol.
b. Out bond.
c. Moving ke Masjid.
10. Sumber pelajarn :
a. Al Qur’an dan terjemahnya, Depag.
b. Buku Pelajaran / Diktat PAI, Depag.
c. Alam terbuka dilingkungan sekolah.
Cilacap, Juli 200.... | |
Mengetahui, | Guru Mata Pelajaran |
Kepala Sekolah | |
Post a Comment