Headlines News :
Home » » Ayat Ta'aridul adhila

Ayat Ta'aridul adhila

Written By Aajum on Tuesday, January 31, 2012 | 8:50 AM


Al- Qur’an adalah kitab suci yang berasal dari kata “Qoroa , yaqrou,qur’anan” isim masdhar yang dibaca marfu yang mengandung arti bacaan. Bacaan yang berbeda dari bacaan pada umumnya karena Al-Qur’an adalah firman Allah yang mengandung keberkahan bagi siapa saja yang membacanya.al-qur’an merupakan kalam Illahi yang berbentuk Qauliyah yang dapat kita pahami melalui tulisan/ayat yang termuat di dalam kitab suci.
            Al-Qur’an mengandung lima permasalahan pokok menurut Rasyid Ridlo yaitu:
1.      Tentang tauhid
2.      Tentang ibadah
3.      Tentang muamalah
4.      Tentang janji dan ancaman (al-wa’dhu wal wa’id)
5.      Tentang tarikh
Lima pokok permasalahan di atas kemudian dikelompokan kedalam beberapa bagian permasalahan yang ayat-ayatnya saling berkaitan yaitu yang disebut “Ta’aridhul Adhila”. Dengan mengetahui ta’aridhul adhila , maka ayat- ayat pokok  yang dibahas/disajikan di dalam Al- Qur’an akan mudah dicari dan dipahami, dan pokok –pokok permasalahan yang dibahas dalam al-Qur’an meliputi:


1.      Adab
2.      Adil
3.      Asi
4.      Agama samawy
5.      Amanat
6.      Antariksa
7.      Air sumber kehidupan
8.      Arak dan judi
9.      Astronomi
10.  Berita gembira dan ancaman
11.  Budi luhur (dianjurkan)
12.  Boros
13.  Bintang-bintang
14.  Besi
15.  Bumi
16.  Cobaan
17.  Contoh contoh yang ditampilkan kepada manusia
18.  Demokrasi
19.  Dakwah
20.  Dengki
21.  Doa
22.  Ekon omi
23.  Fitnah
24.  Gadai


25.  Homo seks
26.  Hijrah
27.  Hikmah
28.  Hijab
29.  Haji
30.  Hokum tindak pidana
31.  Ikhtiar dan usaha
32.  Ilmu dan kejujuran
33.  Jiwa dan raga
34.  Jin
35.  Jihad


36.  Judi(lihat arak)
37.  Janji
38.  Kisah-kisah
39.  Kafir
40.  Kepercayaan
41.  Komplotan gelap
42.  Keluarga
43.  Korupsi
44.  Kjhianat
45.  Langit
46.  Manusia,jin dan hewan
47.  Malaikat
48.  Muhammad
49.  Muhammad (para istrinya)
50.  Muhammad (parta sahabatnya)
51.  Muhammad (hijrah )
52.  Makanan
53.  Mati
54.  Mukmin
55.  Munafik
56.  Masjid
57.  Musyawarah
58.  Naluri
59.  Nikah, talak dan rujuk
60.  Onar
61.  Pascasarjana
62.  Perintah dan larangan
63.  Persatuan dan perdamaian
64.  Puasa
65.  Perang
66.  Pertahanan
67.  Qodho dan qodhar
68.  Qur’an
69.  Rosul-rosul
70.  Riba
71.  Ruh
72.  Shalat dan zakat
73.  Sedekah
74.  Sehat
75.  Sabar
76.  Sumpah
77.  Tauhid
78.  Takaran dan timbangan
79.  Tobat
80.  Tolong menolong
81.  Utang piutang
82.  Wahyu


83.  Wasiat dan pewarisan
84.  Waktu yang baik untuk beribadat
85.  Wartawan
86.  Yahudi
87.   Yatim
88.  Zakat
89.  Zina


A.   Ayat-ayat yang membahas tentang adab
Ayat-ayat tentang adab di dalam Al-Qur’an yaitu:
#sŒÎ)ur LäêŠÍhãm 7p¨ŠÅs$·7ŠÅ¡ym ÇÑÏÈ
 “  Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, Maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa)[1]. Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.”(QS.;4/ An-Nisa: 86)
[1]  penghormatan dalam Islam ialah: dengan mengucapkan Assalamu'alaikum.
#sŒÎ)ur x8uä!%y` šúïÏ%©!$# tbqãZÏB÷sム$uZÏG»tƒ$t«Î/ ö@à)sù ¼çm¯Rr& ô`tB ŸÇÎÍÈ
“  Apabila orang-orang yang beriman kepada ayat-ayat kami itu datang kepadamu, Maka Katakanlah: "Salaamun alaikum[2]. Tuhanmu Telah menetapkan atas Diri-Nya kasih sayang[3], (yaitu) bahwasanya barang siapa yang berbuat kejahatan di antara kamu lantaran kejahilan[4], Kemudian ia bertaubat setelah mengerjakannya dan mengadakan perbaikan, Maka Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”(QS;6/Al-an’am: 54)
[2]  Salaamun 'alikum artinya Mudah-mudahan Allah melimpahkan kesejahteraan atas kamu.
[3]  Maksudnya: Allah Telah berjanji sebagai kemurahan-Nya akan melimpahkan rahmat kepada mahluk-Nya.
[4]  maksudnya ialah: 1. orang yang berbuat maksiat dengan tidak mengetahui bahwa perbuatan itu adalah maksiat kecuali jika dipikirkan lebih dahulu. 2. orang yang durhaka kepada Allah baik dengan sengaja atau tidak. 3. orang yang melakukan kejahatan Karena kurang kesadaran lantaran sangat marah atau Karena dorongan hawa nafsu.
¨bÎ) šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=ÏJtãur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# óOÎgƒÏöku Nåk5u öNÍkÈ]»yJƒÎ*Î/ ( ̍ôfs? `ÏB ãNÍkÉJøtrB ㍻yg÷RF{$# Îû ÏM»¨Zy_ ÉOŠÏè¨Z9$# ÇÒÈ öNßg1uqôãyŠ $pkŽÏù šoY»ysö6ß §Nßg¯=9$# öNåkçJ§ÏtrBur $pkŽÏù ÖN»n=y 4 ãÅz#uäur óOßg1uqôãyŠ Èbr& ßôJptø:$# ¬! Éb>u šúüÏJn=»yèø9$# ÇÊÉÈ
“  Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka diberi petunjuk oleh Tuhan mereka Karena keimanannya[5], di bawah mereka mengalir sungai- sungai di dalam syurga yang penuh kenikmatan”(QS.10/yunus; 9-10).
Do'a[6] mereka di dalamnya ialah: "Subhanakallahumma"[7], dan salam penghormatan mereka ialah: "Salam"[8]. dan penutup doa mereka ialah: "Alhamdulilaahi Rabbil 'aalamin"[9].
[5]  Maksudnya: diberi petunjuk oleh Allah untuk mengerjakan amal-amal yang menyampaikan surga.
[6]  Maksudnya: puja dan puji mereka kepada Allah.
[7]  artinya: Maha Suci Engkau, Wahai Tuhan kami.
[8]  artinya: sejahtera dari segala bencana
[9]  artinya: segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.
ôôs)s9ur ôNuä!%y` !$uZè=ßâ tLìÏdºtö/Î) 2uŽô³ç6ø9$$Î/ (#qä9$s% $VJ»n=y ( tA$s% ÖN»n=y ( $yJsù y]Î7s9 br& uä!%y` @@ôfÏèÎ/ 7ŠÏYym ÇÏÒÈ
“  Dan Sesungguhnya utusan-utusan kami (Malaikat-malaikat) Telah datang kepada lbrahim dengan membawa kabar gembira, mereka mengucapkan: "Selamat." Ibrahim menjawab: "Selamatlah," Maka tidak lama Kemudian Ibrahim menyuguhkan daging anak sapi yang dipanggang”(QS.;11/hud: 69)
àM»¨Zy_ 5bôtã $pktXqè=äzôtƒ `tBur yxn=|¹ ô`ÏB öNÍkɲ!$t/#uä öNÎgÅ_ºurør&ur öNÍkÉJ»­ƒÍhèŒur ( èps3Í´¯»n=yJø9$#ur tbqè=äzôtƒ NÍköŽn=tã `ÏiB Èe@ä. 5>$t/ ÇËÌÈ íN»n=y /ä3øn=tæ $yJÎ/ ÷Län÷Žy9|¹ 4 zN÷èÏYsù Ót<ø)ãã Í#¤$!$# ÇËÍÈ
23.  (yaitu) syurga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya bersama-sama dengan orang-orang yang saleh dari bapak-bapaknya, isteri-isterinya dan anak cucunya, sedang malaikat-malaikat masuk ke tempat-tempat mereka dari semua pintu;
24.  (sambil mengucapkan): "Salamun 'alaikum bima shabartum"[11]. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu.(QS.13/ar-ro’du: 23-24).
[11]  artinya: keselamatan atasmu berkat kesabaranmu
Ÿ@Åz÷Šé&ur šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä (#qè=ÏJtãur ÏM»ysÎ=»¢Á9$# ;M»¨Zy_ ̍øgrB `ÏB $pkÉJøtrB ㍻pk÷XF{$# tûïÏ$Î#»yz $pkŽÏù ÈbøŒÎ*Î/ óOÎgÎn/u ( öNåkçJ¨ŠÏtrB $pkŽÏù íN»n=y ÇËÌÈ
“  Dan dimasukkanlah orang-orang yang beriman dan beramal saleh ke dalam syurga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya dengan seizin Tuhan mereka. Ucapan penghormatan mereka dalam syurga itu ialah "salaam"[12].(QS.14/ibrohim: 23).
[12]  artinya: sejahtera dari segala bencana.

øŒÎ) (#qè=yzyŠ Ïmøn=tã (#qä9$s)sù $VJ»n=y tA$s% $¯RÎ) öNä3ZÏB tbqè=Å_ur ÇÎËÈ
Ketika mereka masuk ke tempatnya, lalu mereka mengucapkan: "Salaam". Berkata Ibrahim: "Sesungguhnya kami merasa takut kepadamu".(QS.;15/hijr: 52)
žw tbqãèyJó¡o $pkŽÏù #·qøós9 žwÎ) $VJ»n=y ( öNçlm;ur öNßgè%øÍ $pkŽÏù Zotõ3ç/ $|ϱtãur ÇÏËÈ
“  Mereka tidak mendengar perkataan yang tak berguna di dalam syurga, kecuali Ucapan salam. bagi mereka rezkinya di syurga itu tiap-tiap pagi dan petang”(QS.;19/maryam: 62)
bÎ*sù óO©9 (#rßÅgrB !$ygŠÏù #Yymr& Ÿxsù $ydqè=äzôs? 4Ó®Lym šcsŒ÷sムö/ä3s9 ( bÎ)ur Ÿ@ŠÏ% ãNä3s9 (#qãèÅ_ö$# (#qãèÅ_ö$$sù ( uqèd 4s1ør& öNä3s9 4 ª!$#ur $yJÎ/ šcqè=yJ÷ès? ÒOŠÎ=tæ ÇËÑÈ
28.“  Jika kamu tidak menemui seorangpun didalamnya, Maka janganlah kamu masuk sebelum kamu mendapat izin. dan jika dikatakan kepadamu: "Kembali (saja)lah, Maka hendaklah kamu kembali. itu bersih bagimu dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”.
}§øŠ©9 ö/ä3øn=tæ îy$oYã_ br& (#qè=äzôs? $·?qãç/ uŽöxî 7ptRqä3ó¡tB $pkŽÏù Óì»tFtB ö/ä3©9 4 ª!$#ur ÞOn=÷ètƒ $tB šcrßö6è? $tBur šcqßJçGõ3s? ÇËÒÈ
29.“  Tidak ada dosa atasmu memasuki rumah yang tidak disediakan untuk didiami, yang di dalamnya ada keperluanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu nyatakan dan apa yang kamu sembunyikan”.

$ygƒr'¯»tƒ šúïÏ%©!$# (#qãZtB#uä ãNä3RÉø«tGó¡uŠÏ9 tûïÏ%©!$# ôMs3n=tB óOä3ãZ»yJ÷ƒr& tûïÏ%©!$#ur óOs9 (#qäóè=ö7tƒ zNè=çtø:$# óOä3ZÏB y]»n=rO ;Nº§tB 4 `ÏiB È@ö7s% Ío4qn=|¹ ̍ôfxÿø9$# tûüÏnur tbqãèŸÒs? Nä3t/$uÏO z`ÏiB ÍouŽÎg©à9$# .`ÏBur Ï÷èt/ Ío4qn=|¹ Ïä!$t±Ïèø9$# 4 ß]»n=rO ;Nºuöqtã öNä3©9 4 š[øs9 ö/ä3øn=tæ Ÿwur öNÎgøŠn=tæ 7y$uZã_ £`èdy÷èt/ 4 šcqèùº§qsÛ /ä3øn=tæ öNà6àÒ÷èt/ 4n?tã <Ù÷èt/ 4 y7Ï9ºxx. ßûÎiüt7ムª!$# ãNä3s9 ÏM»tƒFy$# 3 ª!$#ur íOŠÎ=tæ ÒOŠÅ3ym ÇÎÑÈ #sŒÎ)ur x÷n=t/ ã@»xÿôÛF{$# ãNä3ZÏB zOè=ßsø9$# (#qçRÉø«tFó¡uù=sù $yJŸ2 tbxø«tGó$# šúïÏ%©!$# `ÏB öNÎgÎ=ö6s% 4 šÏ9ºxx. ßûÎiüt7ムª!$# öNà6s9 ¾ÏmÏG»tƒ#uä 3 ª!$#ur íOŠÎ=tæ ÒOŠÅ6ym ÇÎÒÈ
58.  Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum balig di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum sembahyang subuh, ketika kamu menanggalkan Pakaian (luar)mu di tengah hari dan sesudah sembahyang Isya'. (Itulah) tiga 'aurat bagi kamu[13]. tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu[14]. mereka melayani kamu, sebahagian kamu (ada keperluan) kepada sebahagian (yang lain). Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.
59.  Dan apabila anak-anakmu Telah sampai umur balig, Maka hendaklah mereka meminta izin, seperti orang-orang yang sebelum mereka meminta izin[15]. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat-Nya. dan Allah Maha mengetahui lagi Maha Bijaksana.

[13]  Maksudnya: tiga macam waktu yang Biasanya di waktu-waktu itu badan banyak terbuka. oleh sebab itu Allah melarang budak-budak dan anak-anak dibawah umur untuk masuk ke kamar tidur orang dewasa tanpa idzin pada waktu-waktu tersebut.
[14]  Maksudnya: tidak berdosa kalau mereka tidak dicegah masuk tanpa izin, dan tidak pula mereka berdosa kalau masuk tanpa meminta izin.
[15]  Maksudnya: anak-anak dari orang-orang yang merdeka yang bukan mahram, yang Telah balig haruslah meminta izin lebih dahulu kalau hendak masuk menurut cara orang-orang yang tersebut dalam ayat 27 dan 28 surat Ini meminta izin.
}§øŠ©9 n?tã 4yJôãF{$# Óltym Ÿwur n?tã ÆltôãF{$# Óltym Ÿwur n?tã Çك̍yJø9$# Óltym Ÿwur #n?tã öNà6Å¡àÿRr& br& (#qè=ä.ù's? .`ÏB öNà6Ï?qãç/ ÷rr& ÏNqãç/ öNà6ͬ!$t/#uä ÷rr& ÏNqãç/ öNä3ÏG»yg¨Bé& ÷rr& ÏNqãç/ öNà6ÏRºuq÷zÎ) ÷rr& ÏNqãç/ öNà6Ï?ºuqyzr& ÷rr& ÏNqãç/ öNà6ÏJ»uHùår& ÷rr& ÏNqãç/ öNà6ÏG»¬Hxå ÷rr& ÏNqãç/ öNä3Ï9ºuq÷zr& ÷rr& ÏNqãç/ öNà6ÏG»n=»yz ÷rr& $tB OçFò6n=tB ÿ¼çmptÏB$xÿ¨B ÷rr& öNà6É)ƒÏ|¹ 4 š[øs9 öNà6øn=tæ îy$oYã_ br& (#qè=à2ù's? $·èŠÏJy_ ÷rr& $Y?$tGô©r& 4 #sŒÎ*sù OçFù=yzyŠ $Y?qãç/ (#qßJÏk=|¡sù #n?tã öNä3Å¡àÿRr& Zp¨ŠÏtrB ô`ÏiB ÏYÏã «!$# ZpŸ2t»t7ãB Zpt6ÍhŠsÛ 4 šÏ9ºxŸ2 ÚúÎiüt7ムª!$# ãNà6s9 ÏM»tƒFy$# öNà6¯=yès9 šcqè=É)÷ès? ÇÏÊÈ
61.  Tidak ada halangan bagi orang buta, tidak (pula) bagi orang pincang, tidak (pula) bagi orang sakit, dan tidak (pula) bagi dirimu sendiri, makan (bersama-sama mereka) dirumah kamu sendiri atau dirumah bapak-bapakmu, dirumah ibu-ibumu, dirumah saudara- saudaramu yang laki-laki, di rumah saudaramu yang perempuan, dirumah saudara bapakmu yang laki-laki, dirumah saudara bapakmu yang perempuan, dirumah saudara ibumu yang laki-laki, dirumah saudara ibumu yang perempuan, dirumah yang kamu miliki kuncinya[16] atau dirumah kawan-kawanmu. tidak ada halangan bagi kamu makan bersama-sama mereka atau sendirian. Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah- rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayatnya(Nya) bagimu, agar kamu memahaminya”(QS.;24/an-nur: 28-29; 58-59; 61)
[16]  Maksudnya: rumah yang diserahkan kepadamu mengurusnya.
šÍ´¯»s9'ré& šc÷rtøgä spsùöäóø9$# $yJÎ/ (#rçŽy9|¹ šcöq¤)n=ãƒur $ygŠÏù Zp¨ŠÏtrB $¸J»n=yur ÇÐÎÈ
“  Mereka Itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang Tinggi (dalam syurga) Karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan Ucapan selamat di dalamnya”,(QS.;25/al-furqon: 75)
È@è% ßôJptø:$# ¬! íN»n=yur 4n?tã ÍnÏŠ$t6Ïã šúïÏ%©!$# #s"sÜô¹$# 3 ª!!#uä îŽöyz $¨Br& šcqä.ÎŽô³ç ÇÎÒÈ
“  Katakanlah: "Segala puji bagi Allah dan kesejahteraan atas hamba-hamba-Nya yang dipilih-Nya. apakah Allah yang lebih baik, ataukah apa yang mereka persekutukan dengan Dia?",(QS.;27/an-naml: 59)
uqèd Ï%©!$# Ìj?|ÁムöNä3øn=tæ ¼çmçGs3Í´¯»n=tBur /ä3y_̍÷ãÏ9 z`ÏiB ÏM»yJè=à9$# n<Î) ÍqY9$# 4 tb%Ÿ2ur tûüÏZÏB÷sßJø9$$Î/ $VJŠÏmu ÇÍÌÈ öNßgçG¨ŠÏtrB tPöqtƒ ¼çmtRöqs)ù=tƒ ÖN»n=y 4 £tãr&ur öNçlm; #\ô_r& $VJƒÌx. ÇÍÍÈ
43.  Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). dan adalah dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman.
44.  Salam penghormatan kepada mereka (orang-orang mukmin itu) pada hari mereka menemui-Nya ialah: Salam[17]; dan dia menyediakan pahala yang mulia bagi mereka(QS.;33/al-ahzab: 43-44).

[17]  artinya: sejahtera dari segala bencana
¨bÎ) |=»ysô¹r& Ïp¨Ypgø:$# tPöquø9$# Îû 9@äóä© tbqßgÅ3»sù ÇÎÎÈ öLèe ö/àSã_ºurør&ur Îû @@»n=Ïß n?tã Å7ͬ!#uF{$# tbqä«Å3§GãB ÇÎÏÈ öNçlm; $pkŽÏù ×pygÅ3»sù Nçlm;ur $¨B tbqãã£tƒ ÇÎÐÈ
55.  Sesungguhnya penghuni syurga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan (mereka).
56.  Mereka dan isteri-isteri mereka berada dalam tempat yang teduh, bertelekan di atas dipan-dipan.
57.  Di syurga itu mereka memperoleh buah-buahan dan memperoleh apa yang mereka minta.
(QS.; 36/yasiin: 55-57).
t,Åur šúïÏ%©!$# (#öqs)¨?$# öNåk®5u n<Î) Ïp¨Zyfø9$# #·tBã ( #Ó¨Lym #sŒÎ) $ydrâä!%y` ôMysÏGèùur $ygç/ºuqö/r& tA$s%ur óOçlm; $pkçJtRtyz íN»n=y öNà6øn=tæ óOçFö7ÏÛ $ydqè=äz÷Š$$sù tûïÏ$Î#»yz ÇÐÌÈ
  Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhan dibawa ke dalam syurga berombong-rombongan (pula). sehingga apabila mereka sampai ke syurga itu sedang pintu-pintunya Telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: "Kesejahteraan (dilimpahkan) atasmu. Berbahagialah kamu! Maka masukilah syurga ini, sedang kamu kekal di dalamnya"(QS.;39/az-zumar: 73).
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä Ÿw (#þqãèsùös? öNä3s?ºuqô¹r& s-öqsù ÏNöq|¹ ÄcÓÉ<¨Y9$# Ÿwur (#rãygøgrB ¼çms9 ÉAöqs)ø9$$Î/ ̍ôgyfx. öNà6ÅÒ÷èt/ CÙ÷èt7Ï9 br& xÝt7øtrB öNä3è=»yJôãr& óOçFRr&ur Ÿw tbrâßêô±s? ÇËÈ ¨bÎ) z`ƒÏ%©!$# tbqÒäótƒ öNßgs?ºuqô¹r& yZÏã ÉAqßu «!$# y7Í´¯»s9'ré& tûïÏ%©!$# z`ystGøB$# ª!$# öNåku5qè=è% 3uqø)­G=Ï9 4 Oßgs9 ×otÏÿøó¨B íô_r&ur íOŠÏàtã ÇÌÈ ¨bÎ) šúïÏ%©!$# y7tRrߊ$uZム`ÏB Ïä!#uur ÏNºtàfçtø:$# öNèdçŽsYò2r& Ÿw šcqè=É)÷ètƒ ÇÍÈ öqs9ur öNåk¨Xr& (#rçŽy9|¹ 4Ó®Lym ylãøƒrB öNÍköŽs9Î) tb%s3s9 #ZŽöyz öNçl°; 4 ª!$#ur Öqàÿxî ÒOÏm§ ÇÎÈ
2.  Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu meninggikan suaramu melebihi suara nabi, dan janganlah kamu Berkata kepadanya dengan suara yang keras, sebagaimana kerasnya suara sebagian kamu terhadap sebagian yang lain, supaya tidak hapus (pahala) amalanmu[18], sedangkan kamu tidak menyadari.
3.  Sesungguhnya orang yang merendahkan suaranya di sisi Rasulullah mereka Itulah orang-orang yang Telah diuji hati mereka oleh Allah untuk bertakwa. bagi mereka ampunan dan pahala yang besar.
4.  Sesungguhnya orang-orang yang memanggil kamu dari luar kamar(mu) kebanyakan mereka tidak mengerti.
5.  Dan kalau sekiranya mereka bersabar sampai kamu keluar menemui mereka Sesungguhnya itu lebih baik bagi mereka, dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.(QS.; 49/al-hujrat: 2-5)

[18]  meninggikan suara lebih dari suara nabi atau bicara keras terhadap nabi adalah suatu perbuatan yang menyakiti nabi. Karena itu terlarang melakukannya dan menyebabkan hapusnya amal perbuatan.
Ÿw tbqãèyJó¡o $pkŽÏù #Yqøós9 Ÿwur $¸JÏOù's? ÇËÎÈ žwÎ) WxŠÏ% $VJ»n=y $VJ»n=y ÇËÏÈ
25.  Mereka tidak mendengar di dalamnya perkataan yang sia-sia dan tidak pula perkataan yang menimbulkan dosa,
26.  Akan tetapi mereka mendengar Ucapan salam.(QS.;56/al-waqiah: 25-26)
$pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) Ÿ@ŠÏ% öNä3s9 (#qßs¡¡xÿs? Îû ħÎ=»yfyJø9$# (#qßs|¡øù$$sù Ëx|¡øÿtƒ ª!$# öNä3s9 ( #sŒÎ)ur Ÿ@ŠÏ% (#râà±S$# (#râà±S$$sù Æìsùötƒ ª!$# tûïÏ%©!$# (#qãZtB#uä öNä3ZÏB tûïÏ%©!$#ur (#qè?ré& zOù=Ïèø9$# ;M»y_uyŠ 4 ª!$#ur $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ׎Î7yz ÇÊÊÈ $pkšr'¯»tƒ tûïÏ%©!$# (#þqãZtB#uä #sŒÎ) ãLäêøyf»tR tAqߧ9$# (#qãBÏds)sù tû÷üt/ ôytƒ óOä31uqøgwU Zps%y|¹ 4 y7Ï9ºsŒ ׎öyz ö/ä3©9 ãygôÛr&ur 4 bÎ*sù óO©9 (#rßÅgrB ¨bÎ*sù ©!$# Öqàÿxî îLìÏm§ ÇÊËÈ ÷Läêø)xÿô©r&uä br& (#qãBÏds)è? tû÷üt/ ôytƒ óOä31uqøgwU ;M»s%y|¹ 4 øŒÎ*sù óOs9 (#qè=yèøÿs? z>$s?ur ª!$# öNä3øn=tæ (#qßJŠÏ%r'sù no4qn=¢Á9$# (#qè?#uäur no4qx.¨9$# (#qãèÏÛr&ur ©!$# ¼ã&s!qßuur 4 ª!$#ur 7ŽÎ7yz $yJÎ/ tbqè=yJ÷ès? ÇÊÌÈ
11.  Hai orang-orang beriman apabila kamu dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.
12.  Hai orang-orang beriman, apabila kamu mengadakan pembicaraan khusus dengan Rasul hendaklah kamu mengeluarkan sedekah (kepada orang miskin) sebelum pembicaraan itu. yang demikian itu lebih baik bagimu dan lebih bersih; jika kamu tidak memperoleh (yang akan disedekahkan) Maka Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
13.  Apakah kamu takut akan (menjadi miskin) Karena kamu memberikan sedekah sebelum mengadakan pembicaraan dengan Rasul? Maka jika kamu tiada memperbuatnya dan Allah Telah memberi Taubat kepadamu Maka Dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya; dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan.(QS.; 58/al-mujadilah: 11-13)
















Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INTISARI QUR'AN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger