Headlines News :
Home » » Surat Al-Fatihah

Surat Al-Fatihah

Written By Aajum on Tuesday, January 31, 2012 | 8:03 PM

Asbabun Nuzul.
Surat al-Fatihah hanya diturunkan kepada nabi Muhammad saw.
“ Telah berkata Abul Ahwash, Salam bin Salim dari ‘Ammar bin Zuraiq, dari Abdullah bin Isa bin Abdurrahman bin Abu Laila dari Said bin jubair, dari Ibnu Abbas, ra. dari Nabi saw bersabda:”pada suatu hari Rosululloh duduk bersama Jibril, tiba-tiba Rosululloh mendengar suatu bunyi dari atas, lalu Jibril menoleh ke atas, kemudian lalu berkata:” Itu sebuah pintu sudah terbuka di langit, dan tidak pernah pintu itu terbuka sebelum ini”, dari pintu itu turun satu Malaikat, yang langsung menuju kepada Rasululloh, dan berkata:”Bergembiralah engkau (Muhammad) mendapat cahaya yang aku bawakan ini, yang tak pernah kedua cahaya ini diberikan kepada nabi manapun sebelum engkau, kedua cahaya itu ialah Fathihatul_Kitab dan beberapa ayat di akhir surah al-Baqoroh, setiap huruf engkau baca dari keduanya pasti engkau mendapatkannya”.(HR. Muslim dan an-Nasai)

Keutamaan
1.    Surat paling besar yang terkandung dalam Qur’an
Nabi saw bersabda:”sebesar-besar surat di dalam Qur’an, ialah Alhamdulillahi robbil’alamiin”(HR. Bukhori)
Pada hadits yang lain diriwayatkan bahwa Yahya bin Said dari Syu’bah, dari hubaib bin Abdirrahman dari Hafidz bin ‘Ashim, dari Abu Sa’id al-Malli r.a. berkata:” Aku sedang sholat,lalu dipanggil oleh rasulullah saw, maka tak dapat aku menyahut. Sesudah aku selesai shalat, aku dtaangi beliau, rasululloh bersabda:” kenapa engkau tidak segera mendatangiku? Aku menjawab:” karena aku dalam sholat ya Rasululoh. Berkata Rosululloh: “ Bukankah Allah sudah berfirman:”Hai orang-orang yang beriman, shutilah seruan Allah dan Rosul bila menyeru kamu kepada apa yang menghidupkanmu. Kemudian beliau bersabda:” Aku akan mengajarkan kepadamu sebesar-besar surah di dalam al-Qur’an sebelum engkau keluar dari masjid ini. Ketika Rosululloh akan keluar dari masjid beliaumemegang tanganku, lalu aku berkata:” Ya Rosululloh, Engkau mengatakan mau mengajarkan kepadaku sebesar-besar surah dalam al-Qur’an. Berkata Rasululloh: Ya, ialah al-Hamdulillahi Rabbil’alamiin dst., ialah 7 ayat yang berulang-ulang. Dan itulah al-Qur’an al-‘Azhim yang telah disampaikan kepadaku”. (HR. Imam Ahmad bin Muhammad bin Hanbal r.a).
Hadits tersebut juga diriwayatkan oleh Bukhori, Abu Daud, an-Nasai, Ibnu Majah.
2.    Sama dengan dua pertiga qur’an
Nabi bersabda:” Fatihatul Kitab, sama dengan dua pertiga Qur’an”. (HR. Abdullah bin Ahmad)
3.    Tidak pernah diturunkan di dalam kitab-kitab sebelumnya
Nabi bersabda:” Tidak pernah Allah menurunkan di dalam Taurot dan Inzil yang menyamai Ummul Qur’an”(HR. Ibnu Hiban dari Ubay Bin Ka’ab ra)

Pada hadits yang dari Ali bin Abi Thalib ra. Bahwasanya Nabi saw bersabda:” Siapa yang membaca Al-Fatihah, maka seakan-akan dia telah membaca Taurot, Injil, Zabur dan al-Furqon”.
4.    Aman dari segala bahaya
Nabi saw. Bersabda:”Bila engkau baca al-Fatihah dan Qulhuwallohu ahad maka amanlah engkau segala sesuatu, keuali maut”(HR. Al-Buzar dari an-Nas. R.a)
5.    Langsung mendapat jawaban dari Allah
Nabi bersabda:” Telah berkata Allah ‘aja wajalla:” Aku (fatihah) bagi sholat antaraKu dan hambaKU menjadi dua bagian, seperdua untukKu dan seperdua lagi untuk hambaKu. Dan bagi hambaKu apa yang mereka minta. Apabila hambaKu itu berkata:”Al hamdulillahi Robbil’alamiin”, Allah menjawab:”HambaKu memujiKu”, dan apabila hambaKu berkata:” Arrohmaanir Rohiim”’ Allah menjawab:”hambaKu menyanjungKu”, dan apabila hambaKu berkata:” Maaliki yaumiddin,” Allah menjawab:”hambaKu memuliakanku. Dan apabila hambaKu berkata:”Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’iin”, Allah menjawab:”Ini seperdua untukKu dan seperdua untuk hambaKu, bagi hambaKu apa yang ia minta, dan apabila hambaKu berkata:”Ihdinashirothol musthaqiim,shirotoladziina’an’amta ‘alaihiim, ghoiril maghduubi ‘alaihim waladhooliin”, Allah menjawab:” Ini semuanya untuk hambaKu, dan bagi hambaKu apa yang ia minta”(HR.Muslim dari Abu Hurairoh).

Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INTISARI QUR'AN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger