Mata Pelajaran :
Pendidikan
Agama Islam
Kelas/Semester :
X / 1
Waktu :
6 x 45 menit
Aspek :
Aqidah
A. Standar
Kompetensi
3. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui pemahaman
sifat-sifatNya dalam Asmaul Husna.
B. Kompetensi Dasar
3.1 Menyebutkan
10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna.
3.2 Menjelaskan arti 10
sifat Allah dalam Asmaul Husna.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi :
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
|
Mampu menyebutkan arti sifat Allah.
Mampu
menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
Menunjukkan
bukti-bukti kebesarn Allah Swt yang
sesusi dengan 10 Asmaul Husna
Mampu
menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
Mampu menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat
manusia
Mampu
mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan
sehari-hari.
Mampu
menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah
dalam Asmaul Husna.
|
Religius,
jujur, santun, disiplin, tanggung jawab, cinta ilmu, ingin tahu, percaya
diri, menghargai keberagaman, patuh pada aturan, sosial, bergaya hidup sehat,
sadar akan hak dan kewajiban, kerja keras, dan adil.
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
Patuh
dalam melaksanakan ajaran agama yang dianutnya.
Toleran
terhadap pelaksanaan ibadah agama lain
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
Berorientasi pada tugas
(bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
Pengambil resiko (suka
tantangan, mampu memimpin)
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Materi Ajar (Materi
Pokok)
10 Sifat Allah
1) Wujud,
artinya
ada.
2) Qidaam,
artinya tidak berawal.
3) Baqaa’
, artinya kekal.
4) Mukhaalafatul
lil hawaaaditsi, berbeda dengan mahluq-Nya.
5) Qiyaamuhu
Binafsihi, berdiri sendiri/ tidak membutuhkan sesuatu.
6) Wahdaaniyyah,
artinya satu,tunggal.
7) Qudrah,
artinya Maha Kuasa,
8) Iraadah,
artinya berkahendak.
9) ‘Ilmun
, mengetahui segala sesuatu.
10) Hayaat,
hidup
10 Sifat-sifat Allah dalam Asmaul husna, antara lain :
1)
Ar Rahman ( Maha Pengasih }
2)
Ar Rahim (
Maha Penyayang )
3)
Al Qudus (
Maha Suci )
4)
As Salam ( Maha
Sejahtera )
5)
Al Mukmin ( Maha pemberi amam / Terpercaya )
6)
Al Adlu ( Maha
Adil )
7)
Al Gaffar (
Maha Pengampun )
8)
Al Hakim (
Maha Bijaksana )
9)
Al Malik ( Maha
Merajai )
10)
Al Hasib ( Maha
Menjamin )
Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap 10
Asmaul Husna
E. Metode
Pembelajaran:
Ceramah
, tanya jawab dan Praktek
F. Tujuan
Pembelajaran
Siswa diharapkan mampu untuk :
Mampu menyebutkan arti sifat Allah.
Mampu
menyebutkan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
Mampu
menjelaskan arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna.
Mampu menjabarkan 10 sifat Allah ke dalam sifat
manusia
Mampu
mempraktikkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan
sehari-hari.
Mampu
menerapkan perilaku yang mencerminkan penghayatan terhadap 10 sifat Allah dalam
Asmaul Husna.
G. Strategi Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
Siswa
mengamati buku sumber yang berkaitan pengertian sifat-sifat Allah.
Bertanya
jawab tentang arti 10 sifat Allah dalam asmaul husna.
|
Siswa
menganalisis buku sumber yang berkaitan dengan 10 sifat Allah dalam Asmaul
Husna.
Menjabarkan
arti 10 sifat Allah dalam Asmaul Husna
|
Mempraktikkan
sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia dalam kehidupan sehari-hari.
Menerapkan
perilaku yang mencerminkan sifat-sifat Allah yang sepatutnya bagi manusia
dalam kehidupan sehari-hari
|
Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
a. Kegiatan Awal
- Guru-Siswa memberi salam
dan memulai pelajaran dengan mengucapkan basmalah
dan kemudian berdoá bersama sebelum memulai pelajaran.
- Siswa menyiapkan kitab
suci Al Qurán
- Secara bersama membaca Al
Qurán selama 5 – 10 menit
- Guru menjelaskan secara
singkat materi yang akan diajarkan dengan kompetensi dasar yang akan dicapai.
b. Kegiatan Inti
Dalam kegiatan inti, guru dan para siswa melakukan
beberapa kegiatan sebagai berikut:
Elaborasi
Untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa
tentang materi pembelajaran 10 Sifat Allah dalam
Asmaul Husna
-
Guru mengawali dengan
mengajukan beberapa pertanyaan, contohnya:
·
Pernahkah kalian mendengar orang lain membaca tentang 10
Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
·
Pernahkah kalian membaca 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
·
Siapakah diantara kalian yang sudah hafal 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna?
- Guru menunjuk seorang
siswa yang sudah pernah mengetahui tentang 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna untuk memberikan opininyakepada
teman-temannya di bawah bimbingan guru 2 sampai dengan 3 kali.
- Setelah para siswa selesai
mendengarkan secara klasikal, guru menunjuk beberapa siswa untuk menerangkanya
kembali.
- - Guru menjelaskan tentang 10 Sifat Allah dalam
Asmaul Husna yang salah satunya
terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 163 :
ö/ä3ßg»s9Î)ur ×m»s9Î) ÓÏnºur ( Hw tm»s9Î) wÎ) uqèd ß`»yJôm§9$# ÞOÏm§9$# ÇÊÏÌÈ
“Dan Tuhanmu adalah Tuhan Yang Maha Esa;
tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”.
Eksplorasi
- Selanjutnya siswa
menyebutkan sifat Allahyang terdapat dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 163 dengan berpedoman kepada Al Qur’an dan
terjemahan-nya atau sumber bacaan lainnya dengan pengamatan dari guru.
- Selanjutnya, guru
mengajukan beberapa pertanyaan tentang arti Sifat Wahid kepada siswa.
- Setelah selesai guru
menjelaskan 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna yang lain.
- Guru menjelaskan kepada
siswa akan hikmah yang terkandung dalam 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna.
- Guru menugaskan kepada
siswa untuk mendiskusikan tentang 10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna secara berkelompok.
- Siswa diminta untuk
menyampaikan hasil diskusi kelompok.
Konfirmasi
-
10 Sifat Allah dalam Asmaul Husna banyak mengandung nilai-nilai sikap dan
perilaku yang utama, seperti manusia adalah makhluk Allah
yang mulia dan mampu melakukan segala sesuatu yang baru namun dibalik semua itu
Allahlah Yang Berkuasa dan Yang
Menentukan . Jika
direnungkan, betapa besar ketergantungan kita kepada-Nya.
c. Kegiatan Akhir
(Penutup)
- Guru meminta agar para siswa
sekali lagi tentang hikmah yang terkandung dalam 10 Sifat Allah dalam Asmaul
Husna sebagai penutup materi
pembelajaran.
- Guru meminta agar para
siswa rajin mempelajari arti dan hikmah yang terkandung dalam 10 Sifat Allah
dalam Asmaul Husna .
- Guru menutup / mengakhiri
pelajaran tersebut dengan membaca hamdalah/doá.
- Guru mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa
menjawab salam.
H. Penilaian
Tes
perbuatan (Performance Individu)
Tes
tertulis
I. Bahan/Sumber
Belajar
Al Quran
dan terjemahan Departemen Agama
RI
Buku
pelajaran PAI SMA kelas I
J. Lembar
Penilaian
I. Tes Tertulis
No.
|
Butir – butir Soal
|
Kunci Jawaban
|
1.
|
Allah SWT memiliki Sifat
Wahid, arti Wahid adalah
|
Esa
|
2.
|
لا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ
Arti penggalan ayat tersebut adalah........
|
Tiada
sekutu bagin-Nya, dan demikian itulah…
|
3.
|
Perilaku
yang mencerminkan kepasrahan bahwa hanya Allahlah Tuhan yang wajib disembah
tanpa terkecuali. Adalah cerminan sifat Allah …..
|
Wahid
|
II. Tes Sikap
No.
|
Pernyataan
|
SS
|
S
|
TS
|
STS
|
1.
|
Ibadah seharusnya selalu diniatkan mencari Ridlo Allah
dengan Keikhlasan dan selalu memurnikan niat.
|
||||
2.
|
Allah Yang
Berkuasa dan Yang Menentukan .
|
||||
3.
|
Apakah akan aku jadikan pelindung selain dari
Allah yang menjadikan langit dan bumi, padahal Dia memberi makan dan tidak
memberi makan.
|
||||
dst
|
……………………………………………….
|
Keterangan : Skor Tes Sikap:
SS= Sangat Setuju = 50
S= Setuju =
40
TS= Tidak Setuju = 10
STS= Sangat Tidak Setuju = 0
III. Portofolio
Tes pengalaman dilakukan
dengan menggunakan portofolio dimana guru mencatat pengalaman agama berdasarkan
antara lain:
-
apa yang
dilihat;
- laporan rekan guru dan
pegawai lainnya; dan
-
laporan dari orangtua murid atau siswa.
Mengetahui
Kepala Sekolah
...........................
|
...................................
Guru Bidang Studi
|
Post a Comment