Pernahkah kamu memperhatikan diri dan alam sekitarmu?
Siapakah pencipta semua itu? Dialah Allah swt. pencipta alam beserta seluruh
isinya. Dia menciptakan semua itu dengan kehendak dan kuasa-Nya. Oleh karena
itu, kita harus meyakini, memahami, serta meneladani sifat-sifat Allah swt.
khususnya yang terkandung dalam Asmaul Husna di dalam kehidupan kita.
Iman kepada Allah merupakan rukun iman yang pertama
sekaligus sebagai pondasi dari rukun iman yang lain. Allah swt. adalah Zat yang
Mahakuasa, yang menciptakan alam beserta seluruh isinya sekaligus sebagai
penjaga dan pengatur alam jagat ini, yang tidak pernah merasa lelah, yang tidak
pernah mengantuk, tidak pernah tidur, dan tidak merasa berat menjaga keduanya.
Dialah Allah swt. yang memiliki sifat wajib, mustahil, dan jaiz sebagai sifat
kesempurnaan-Nya.
A. Sifat-Sifat Allah SWT.
Allah swt. adalah Zat Maha Pencipta dan
Pengatur seluruh alam beserta isinya. Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Dia
tidak pernah mengantuk dan tidak pernah tidur. Dia tidak pernah merasa berat
menjaga langit dan bumi beserta seluruh isinya. Allah swt. memiliki sifat
wajib, mustahil, dan jaiz yang dimiliki-Nya sebagai kesempurnaan-Nya. Sifat
wajib artinya sifat yang harus dimiliki oleh Allah sebagai sifat
kesempurnaan-Nya karena Dia adalah segala-galanya. Hal ini tercermin pada sifat
wajib yang 13 dan bila ditambah dengan sifat maknawiyah yang ada 7 buah akan
menjadi 20. Adapun sifat mustahil adalah sifat yang tidak mungkin dimiliki oleh
Allah. Sedangkan sifat jaiz, yaitu sifat wenang (bebas). Artinya, Allah bebas
berbuat sesuai dengan kuasa dan kehendak-Nya atau dengan kata lain, Allah
boleh berbuat atau tidak berbuat sesuai dengan keinginan-Nya.
Asmaul Husna adalah nama-nama yang baik
bagi Allah yang jumlahnya adalah 99 nama. Sebagai orang yang beriman, kita
selalu dianjurkan untuk menyebut-Nya. Hal ini tertera dalam hadis yang
menyebutkan tentang Asmaul Husna berbunyi sebagai berikut.
اِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِيْنَ
اِسْمَامَنْ حَفَظَهَادَخَلَ الْجَنَّةَ وَاِنَّ اللهَ وِتْرٌ وَيُحِبُّ
الْوِتْرَ (رواه ابن ماجه)
Artinya:
Sesungguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama. Barang siapa
menghapalnya (dengan meyakini kebenarannya) ia masuk surga. Sesungguhnya Allah
Maha ganjil (tidak genap) dan senang sekali pada sesuatu yang ganjil." (HR
Ibnu Majah).
Adapun sifat-sifat wajib dan sifat-sifat
mustahil bagi Allah adalah sebagai berikut.
No
|
Sifat
wajib
|
Artinya
|
Sifat
mustahil
|
Artinya
|
1
|
Wujud
|
Ada
|
Adam
|
Tidak
ada
|
2
|
Qidam
|
Terdahulu
|
Hudus
|
Baru
|
3
|
Baqa
|
Kekal
|
Fana
|
Lenyap
|
4
|
Mukhalafatuhu
lil hawadis
|
Berbeda
dengan yang baru
|
Mumasalatuhu
lil hawadis
|
Serupa
dengan yang baru
|
5
|
Qiyamuhu
binafsih
|
Berdiri
dengan sendiri-Nya
|
Ihtiyaju
bigairih
|
Berhajat
kepada yang lain
|
6
|
Wahdaniah
|
Esa
|
Ta’addud
|
Berbilang/berjumlah
|
7
|
Qudrat
|
Berkuasa
|
Ajzu
|
Lemah
|
8
|
Iradat
|
Berkehendak
|
Karahah
|
Terpaksa
|
9
|
I1mu
|
Mengetahui
|
Jahlun
|
Bodoh
|
10
|
Hayat
|
Hidup
|
Maut
|
Mati
|
11
|
Sama
|
Mendengar
|
Summun
|
Tuli
|
12
|
Basar
|
Melihat
|
Umyun
|
Buta
|
13
|
Kalam
|
Berfirman
|
Bukmun
|
Bisu
|
Apabila sifat-sifat tersebut ditambah
dengan sifat maknawiyah sebanyak tujuh sifat, maka akan menjadi 20, yaitu
sebagai berikut.
No
|
Sifat
Maknawiyah
|
Artinya
|
1
|
Qadiran
|
Mahakuasa
|
2
|
Muridan
|
Maha
Berkehendak
|
3
|
Aliman
|
Maha
Mengetahui
|
4
|
Hayyan
|
Mahahidup
|
5
|
Sami'an
|
Maha
Mendengar
|
6
|
Basiran
|
Maha
Melihat
|
7
|
Mutakalliman
|
Maha
Berfirman
|
Selain sifat wajib dan mustahil
tersebut, Allah juga mempunyai sifat jaiz yang artinya boleh (bebas).
Maksudnya, Allah bebas berbuat sesuatu dan bebas pula tidak berbuat sesuatu
sesuai dengan kehendak dan kuasa-Nya.
TUGAS
Sebutkan cara menghayati sifat Allah
dalam kehidupan pribadimu! Buatlah dalam bentuk tabel!
B. Sifat Allah dalam Asmaul Husna
Selain sifat kesempurnaan Allah swt.
sebagaimana telah disebutkan, Allah juga mempunyai nama-nama baik yang
jumlahnya 99. Sebagai orang yang beriman, kita dianjurkan untuk selalu
menyebut-Nya. Firman Allah swt.
Artinya:
Allah mempunyai Asmaul Husna (nama-nama yang agung sesuai dengan sifat-sifat
Allah), maka memohonlah kepada-Nya dengan menyebut Asmaul Husna itu dan
tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya.
Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka
kerjakan." (QS Al A’raf: 180).
RISALAH
Surah Al lkhlas merupakan sebuah surah
dalam Al Quran yang berisi ketegasan dan kesaksian tauhid kepada Allah swt. Di
dalamnya sifat keesaan Allah dan beberapa Asmaul Husna-Nya benar-benar menjadi
titik sentral. Konsekuensinya adalah bahwa Allah tidak akan menerima dosa yang
bernama syirik atau menyekutukan-Nya dengan sesuatu yang lain.
Rasulullah Saw bersabda.
اِنَّ لِلَّهِ تِسْعَةً وَتِسْعِيْنَ
اِسْمَامَنْ حَفَظَهَادَخَلَ الْجَنَّةَ وَاِنَّ اللهَ وِتْرٌ وَيُحِبُّ
الْوِتْرَ (رواه ابن ماجه)
Artinya:
"Sesungguhnya Allah mempunyai sembilan puluh sembilan nama. Barangsiapa
menghafalnya (dengan meyakini akan kebenarannya), is masuk surga. Sesungguhnya
Allah itu Mahaganjil (tidak genap) dan senang sekali pada sesuatu yang ganjil."(HR
Ibnu Majah).
Adapun Asmaul Husna sebagaimana
difirmankan Allah swt. dalam Al Quran dan disabdakan oleh Rasullullah saw.
jumlahnya ada 99, yaitu sebagai berikut.
No
|
Asmaul
Husna
|
Artinya
|
Ayat
Rujukan
|
1
|
Ar
Rahman
|
Maha
Pemurah
|
(QS
Al Fatihah: 3)
|
2
|
Ar
Rahim
|
Maha
Pengasih
|
(QS
Al Fatihah: 3)
|
3
|
Al
Malik
|
Maharaja
|
(QS
Al Mu'minun: 116)
|
4
|
Al
Quddus
|
Mahasuci
|
(QS
Al Jumuah: 1)
|
5
|
As
Salam
|
Mahasejahtera
|
(QS
Al Hasyr: 23)
|
6
|
Al
Mu'min
|
Maha
Terpercaya
|
(QS
Al Hasyr: 23)
|
7
|
Al
Muhaimin
|
Maha
Memelihara
|
(QS
Al Hasyr: 23)
|
8
|
Al
`Aziz
|
Mahaperkasa
|
(QS
Ali Imran: 62)
|
9
|
Al
Jabbar
|
Kehendaknya
Tak Dapat Diingkari
|
(QS
Al Hasyr: 23)
|
10
|
Al
Mutakabbir
|
Memiliki
Kebesaran
|
(QS
Al Hasyr: 23)
|
11
|
Al
Khaliq
|
Maha
Pencipta
|
(QS
Ar Ra'd: 16)
|
12
|
Al
Bari'
|
Mengadakan
dari Tiada
|
(QS
Al Hasyr: 24)
|
13
|
Al
Musawwir
|
Membuat
Bentuk
|
(QS
Al Hasyr: 24)
|
14
|
Al
Gaffar
|
Maha
Pengampun
|
(QS
Al Baqarah: 235)
|
15
|
Al
Qahhar
|
Mahaperkasa
|
(QS
Ar Ra'd: 16)
|
16
|
Al
Wahhab
|
Maha
Pemberi
|
(QS
Ali Imran: 8)
|
17
|
Ar
Razzaq
|
Maha
Pemberi Rezeki
|
(QS
Az Zariyat: 58)
|
18
|
Al
Fattah
|
Maha
membuka (hati)
|
(QS
Saba: 26)
|
19
|
Al
'Alim
|
Maha
Mengetahui
|
(QS
Al Baqarah: 29)
|
20
|
Al
Qabid
|
Maha
Pengendali
|
(QS
Al Baqarah: 245)
|
21
|
Al
Basit
|
Maha
Melapangkan
|
(QS
Ar Ra'd: 35)
|
22
|
Al
Khafid
|
Maha
Merendahkan
|
(HR
At Turmuzi)
|
23
|
Ar
Rafi'
|
Maha
Meninggikan
|
(QS
Al An'am: 83)
|
24
|
Al
Mu'iz
|
Maha
Terhormat
|
(QS
Ali Imran: 26)
|
25
|
Al
Muzill
|
Maha
Menghinakan
|
(QS
Ali Imran: 26)
|
26
|
As
Sami'
|
Maha
Mendengar
|
(QS
Al Isra: 1)
|
27
|
Al
Basir
|
Maha
Melihat
|
(QS
Al Hadid: 4)
|
28
|
Al
Hakam
|
Maha
Memutuskan Hukum
|
(QS
Al Mu'min: 48)
|
29
|
Al
`Adl
|
Maha
adil
|
(QS
AI An'am: 115)
|
30
|
Al
Latif
|
Maha
lembut
|
(QS
Al Mulk: 14)
|
30
|
Al
Khabir
|
Maha
Mengetahui
|
(QS
Al An'am: 18)
|
32
|
Al
Halim
|
Maha
Penyantun
|
(QS
Al Baqarah: 235)
|
33
|
Al
`Azim
|
Maha
agung
|
(QS
Asy Syura: 4)
|
34
|
Al
Gafur
|
Maha
Pengampun
|
(QS
Ali lmran: 89)
|
35
|
Asy
Syakur
|
Maha
Menerima Syukur
|
(QS
Fatir: 30)
|
36
|
Al
`Aliyy
|
Maha
tinggi
|
(QS
An Nisa: 34)
|
37
|
Al
Kabir
|
Maha
besar
|
(QS
Ar Ra'd: 9)
|
38
|
Al
Hafiz
|
Maha
Penjaga
|
(QS
Hud: 57)
|
39
|
Al
Mugit
|
Maha
Pemelihara
|
(QS
An Nisa: 85)
|
40
|
Al
Hasib
|
Maha
Pembuat Perhitungan
|
(QS
An Nisa: 6)
|
41
|
Al
Jalil
|
Maha
luhur
|
(QS
Ar Rahman: 27)
|
42
|
Al
Karim
|
Maha
mulia
|
(QS
An Naml: 40)
|
43
|
Ar
Raqib
|
Maha
Mengawasi
|
(QS
Al Ahzab: 52)
|
44
|
Al
Mujib
|
Maha
Mengabulkan
|
(QS
Hud: 61)
|
45
|
Al
Wasi'
|
Maha
luas
|
(QS
Al Baqarah: 268)
|
46
|
Al
Hakim
|
Maha
bijaksana
|
(QS
Al An'am: 18)
|
47
|
Al
Wadud
|
Maha
Mengasihi
|
(QS
Al Buruj: 14)
|
48
|
AI
Majid
|
Maha
mulia
|
(QS
Al Buruj: 15)
|
49
|
Al
Ba'is
|
Maha
Membangkitkan
|
(QS
Yasin: 52)
|
50
|
Asy
Syahid
|
Maha
Menyaksikan
|
(QS
Al Maidah: 117)
|
51
|
Al
Haqq
|
Maha
benar
|
(QS
Taha: 114)
|
52
|
Al
Wakil
|
Maha
Pemelihara
|
(QS
Al An'am: 102)
|
53
|
Al
Qawiyy
|
Maha
kuat
|
(QS
Al Anfal: 52)
|
54
|
Al
Matin
|
Maha
kokoh
|
(QS
Az Zariyat: 58)
|
55
|
Al
Waliyy
|
Maha
Melindungi
|
(QS
An Nisa: 45)
|
56
|
Al
Hamid
|
Maha
Terpuji
|
(QS
An Nisa: 31)
|
57
|
Al
Muhsi
|
Maha
Menghitung
|
(QS
Maryam: 94)
|
58
|
Al
Mubdi
|
Maha
Memulai
|
(QS
AI Buruj: 13)
|
59
|
Al
Mu'id
|
Maha
Mengembalikan
|
(QS
Ar Rum: 27)
|
60
|
Al
Muhyi
|
Maha
Menghidupkan
|
(QS
Ar Rum: 50)
|
61
|
Al
Mumit
|
Maha
Mematikan
|
(QS
Al Mu'min: 68)
|
62
|
Al
Hayy
|
Maha
hidup
|
(QS
Taha: 111)
|
63
|
Al
Qayyum
|
Maha
mandiri
|
(QS
Taha: 11)
|
64
|
Al
Wajid
|
Maha
Menemukan
|
(QS
Ad Duha: 6-8)
|
65
|
Al
Majid
|
Maha
Mulia
|
(QS
hud: 73)
|
66
|
Al
Ahad
|
Maha
Esa
|
(QS
Al lkhlas: 1)
|
67
|
Al
Wahid
|
Maha
Tunggal
|
(QS
Al Baqarah: 133)
|
68
|
As
Samad
|
Maha
Dibutuhkan
|
(QS
Al Ikhlas: 2)
|
69
|
Al
Qadir
|
Maha
kuat
|
(QS
Al Baqarah: 20)
|
70
|
Al
Muqtadir
|
Maha
Berkuasa
|
(QS
Al Qamar: 42)
|
71
|
Al
Mugaddim
|
Maha
Mendahulukan
|
(QS
Qaf: 28)
|
72
|
Al
Mu'akhkhir
|
Maha
Mengakhirkan
|
(QS
Ibrahim: 42)
|
73
|
Al
Awwal
|
Maha
Permulaan
|
(QS
Al Hadid: 3)
|
74
|
Al
Akhir
|
Maha
akhir
|
(QS
Al Hadid: 3)
|
75
|
Az
Zahir
|
Maha
nyata
|
(QS
Al Hadid: 3)
|
76
|
Al
Batin
|
Maha
gaib
|
(QS
Al Hadid: 3)
|
77
|
Al
Wali
|
Maha
Memerintah
|
(QS
Ar Ra'd: 11)
|
78
|
Al
Muta'ali
|
Maha
tinggi
|
(QS
Ar Ra'd: 9)
|
79
|
Al
Barr
|
Maha
dermawan
|
(QS
At Tur: 28)
|
80
|
At
Tawwab
|
Maha
Penerima Tobat
|
(QS
An Nisa: 16)
|
81
|
AI
Muntagim
|
Maha
Penyiksa
|
(QS
As Sajadah: 22)
|
82
|
Al
'Afuww
|
Maha
Pemaaf
|
(QS
An Nisa: 99)
|
83
|
Ar
Rauf
|
Maha
Pengasih
|
(QS
Al Baqarah: 207)
|
84
|
Malik
Al Mulk
|
Maha
Penguasa Kerajaan
|
(QS
Ali Imran: 26)
|
85
|
Zul
Jalal wa Al Ikram
|
Maha
Pemilik Keagungan dan Kemuliaan
|
(QS
Ar Rahman: 27)
|
86
|
Al
Mugsit
|
Maha
adil
|
(QS
An Nur: 47)
|
87
|
Al
Jami'
|
Maha
Pengumpul
|
(QS
Saba: 26)
|
88
|
Al
Ganiyy
|
Maha
kaya
|
(QS
Al Baqarah: 267)
|
89
|
Al
Mugni
|
Maha
Mencukupi
|
(QS
An Najm: 48)
|
90
|
Al
Mani'
|
Maha
Mencegah
|
(HR
At Turmuzi)
|
91
|
Ad
Darr
|
Maha
Pemberi Derita
|
(QS
Al An'am: 17)
|
92
|
An
Nafi'
|
Maha
Pemberi Keman-faatan
|
(QS
Al Fath: 11)
|
93
|
An
Nur
|
Maha
Bercahaya
|
(QS
An Nu 35)
|
94
|
Al
Hadi
|
Maha
Pemberi Petunjuk
|
(QS
Al Hajj: 54)
|
95
|
Al
Badi'
|
Maha
Pencipta
|
(QS
AI Baqarah: 117)
|
96
|
Al
Baqi
|
Maha
kekal
|
(QS
Taha: 73)
|
97
|
Al
Waris
|
Maha
Mewarisi
|
(QS
Al Hijr: 23)
|
98
|
Ar
Rasyid
|
Maha
pandai
|
(QS
Al Jin: 10)
|
99
|
As
Sabur
|
Maha
sabar
|
(HR
At Turmuzi)
|
1.
Ar
Rahman
Sebagaimana dijelaskan dalam buku Menyingkap
Tabir Ilahi karya M. Quraish Shihab, semua kata yang terdiri dari huruf ra, ha,
dan mim, mengandung makna kelemahlembutan, kasih sayang, dan kehalusan. Akan
tetapi, khusus untuk nama dan sifat Ar Rahman yang juga berakar sama dengan
huruf-huruf tersebut tidak dapat disandang, kecuali hanya oleh Allah swt. Oleh
karena itu, ada ayat Al Quran yang mengajak manusia menyembah-Nya dengan
menggunakan kata Ar-Rahman sebagai ganti kata Allah atau menyebut kedua kata
tersebut sejajar dan bersamaan, yaitu sebagai berikut:
Artinya:
"Katakanlah; Serulah Allah atau serulah Ar Rahman. Dengan nama yang
mana saja kamu seru. Dia memunyai Asmaul Husna nama-nama yang terbaik."
(QS Al Isra: 110).
Berdasarkan
ayat tersebut, Allah adalah satu-satunya yang paling berhak disembah. Dalam
sebuah hadis qudsi dinyatakan bahwa Allah swt. berfirman yang artinya: "Aku
adalah Ar Rahman, Aku menciptakan rahim, Kuambilkan untuknya nama yang berakar
dari nama-Ku. Siapa yang menyambungnya (silaturahim) akan Kusambung (rahmat-Ku)
untuknya dan siapa yang memutuskannya, Kuputuskan (rahmat-Ku baginya)." (HR
Abu Daud dan At Turmuzi).
Muhammad Abduh berpendapat bahwa Ar
Rahman adalah rahmat Tuhan yang sempurna, tetapi sifatnya sementara dan yang
dicurahkan-Nya kepada semua makhluk, baik mukmin ataupun kafir. Akan tetapi,
karena sementaranya itu, maka is hanya berupa rahmat di dunia saja dan tidak
bersifat abadi. Rasulullah saw. memberikan sebuah ilustrasi melalui hadisnya
menyangkut besarnya rahmat Allah yang artinya: "Allah swt. menjadikan
rahmat itu seratus bagian, disimpan di sisi-Nya sembilan puluh sembilan dan
diturunkan-Nya ke bumi ini satu bagian; yang satu bagian inilah yang dibagi
pada seluruh makhluk, (yang tercermin antara lain) pada seekor binatang yang
mengangkat kakinya dari anaknya terdorongoleh rahmat kasih sayang, khawatir
jangan sampai menyakitinya." (HR Muslim).
Al Ghazali berpendapat bahwa buah yang
dihasilkan seseorang yang dihasilkan oleh sifat rahman ini pada kehidupan
seseorang, antara lain is akan menebarkan kasih sayang kepada sesamanya yang
lengah dan lemah serta mengalihkan hal tersebut menuju jalan Allah. Ia pun
tidak akan ragu mencurahkan kasih sayang tersebut kepada sesama manusia tanpa
memandang perbedaan suku, ras, atau agama bahkan tingkat keimanannya serta memberi
pula rahmat dan kasih sayang kepada makhluk-makhluk lain, baik yang hidup
maupun yang mati.
2.
Ar
Rahim
Ketika disebutkan kata rahim, pasti yang
terlintas adalah ibu yang memiliki anak dan pikiran kita akan melayang pada
kasih sayang yang dicurahkan sang Ibu kepada anaknya. Tetapi, jangan diduga
bahwa sifat kasih sayang atau rahmat Tuhan akan sama dengan sifat rahmat ibu
tersebut. Kita harus meyakini bahwa kasih sayang Tuhan tidak akan pernah
sepadan dengan kasih sayang ibu. Allah adalah wujud yang tidak dapat
dipersamakan, baik dalam zat, sifat, dan perbuatan-Nya dengan apa pun. Rahmat
kasih sayang Allah tidak terhingga (QS Al Araf 156) dan dalam sebuah hadis
qudsi dinyatakan bahwa Allah swt. berfirman yang artinya, "Sesungguhnya
rahmat-Ku mengalahkan amarah-Ku." (HR Bukhari dan Muslim).
At Rahim artinya adalah Maha Pengasih
dan nama ini terdapat dalam Al Quran Surah Al Fatihah Ayat 3 sebagaimana pula
nama At Rahman. Sebagai mukmin kita menyebut nama ini beberapa kali, khususnya
pada saat salat. Melalui pemahaman akan sifat ini, kita dianjurkan untuk
mencontoh sifat Allah tersebut untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.
Hanya saja sifat At Rahim Allah sudah tentu dalam kapasitas dan substansi yang
jauh lebih sempurna dari sifat manusia.
Silaturahim adalah hubungan kasih
sayang. Rahim juga berarti peranakan (kandungan) yang melahirkan kasih sayang.
Kerabat pun dinamakan rahim karena kasih sayang yang terjalin di antara
anggota-anggotanya. Menurut Muhammad Abduh, kata rahim yang polanya menunjukkan
kemantapan dan kesinambungan, menunjuk kepada sifat zat Allah atau menunjukkan
kepada kesinambungan dan kemantapan nikmat-Nya. Kemantapan dan kesinambungan
hanya dapat terwujud di akhirat kelak. Di sisi lain, rahmat ukhrawi hanya
diraih oleh orang yang taat dan bertakwa sebagaimana diungkapkan dalam ayat
berikut ini.
Artinya:
"Katakanlah: Siapakah yang mengharamkan perhiasan dari Allah yang telah
dikeluarkan-Nya untuk hamba-hamba-Nya dan (siapa pulakah yang mengharamkan)
rezeki yang balk? Katakanlah: Semuanya itu (disediakan) bagi orang-orang yang
beriman dalam kehidupan dunia, khusus (untuk mereka saja) di hari kiamat.
Demikianlah Kami menjelaskan ayat-ayat itu bagi orang-orang yang
mengetahui." (QS Al Araf: 32).
3.
As
Sahur
Arti dari As Sabur adalah Maha Penyabar.
Seseorang yang menahan gejolak hatinya dinamakan sabar. Ada yang memahami sifat
ini dalam arti melimpahkan kemampuan bersabar ke hati hambahamba-Nya.
Kemampuan bersabar bagi manusia memang diakui oleh para pakar ilmu jiwa. Salah
seorang di antaranya adalah Freud yang menyatakan bahwa manusia memiliki
kemampuan memikul sesuatu yang tidak disenanginya dan mendapat kenikmatan di
balik itu.
Sifat sabar yang dimiliki Allah swt.
harus kita contoh dan kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari. Imam Ghazali
mengartikan kata As Sabur sebagai sikap yang tidak terdorong oleh ketergesaan
sehingga bergegas melakukan sesuatu sebelum waktunya, tetapi meletakkan sesuatu
dengan kadar tertentu dan memberlakukannya dengan aturan-aturan tertentu pula.
Uraian Al Quran tentang sabar adalah
kebajikan dan kedudukan tertinggi yang diperoleh seseorang karena kesabarannya.
Firman Allah dalam Al Quran.
Artinya:
"Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala
mereka tanpa batas." (QS Az Zumar: 10).
Semua ganjaran amal ditetapkan Allah
kadarnya, kecuali ganjaran kesabaran sebagaimana disebutkan dalam ayat-ayat
tersebut. Oleh karena itu, puasa yang inti pelaksanaannya adalah sabar
dinyatakan oleh Allah melalui hadis qudsi "Puasa adalah untuk-Ku dan
Aku sendiri yang yang akan memberi (menetapkan ganjaran bagi pelakunya."
Sabar memang selalu pahit awalnya, namun akan berbuah manis pada akhirnya.
Hanya sekali Allah memberi kebebasan manusia untuk bersabar atau tidak, yaitu
ketika orang-orang durhaka dipersilakan masuk ke neraka (QS At Tur: 16).
Manusia yang meneladani sifat ini, dituntut untuk melaksanakan petunjuk Allah
tersebut dalam menjalani kesabaran sambil juga tetap menghayati makna As Sabur
sehingga dapat dilakukan sekuat kemampuan.
4.
Al
Bar
Allah bersifat Al.
Barr dipahami bahwa Allah memberikan aneka anugerah untuk kemaslahatan
makhluk-Nya. Anugerah Allah sangat luas yang tidak terbilang atau tidak
terhingga. Firman Allah swt.
Artinya:
"Sesungguhnya kami dahulu menyembah-Nya. Sesungguhnya Dialah yang
melimpahkan kebaikan lagi Maha Penyayang." (QS At Tur: 28).
Ada pula yang memahami bahwa Allah
senantiasa menepati janji dan Dia selalu menghendaki kebaikan untuk
hamba-hamba-Nya serta kemudahan buat mereka (QS Al Baqarah: 185). Aneka
anugerah diberikan Allah semata-mata atas dasar kasih sayang-Nya. Adapun
manusia kadang memberi kebaikan atau melakukan sesuatu atas dasar pamrih atau
ingin mendapatkan manfaat tertentu dari hal tersebut. Seorang hamba yang
meneladani sifat ini hendaknya selalu mendasari sesuatu dengan maksud yang balk
dan memberikan hal-hal yang bermanfaat kepada manusia atau makhluk Allah yang
lainnya. kita pun harus senantiasa ingat bahwa Allah tidak menghendaki
kesukaran bagi kita dan pasti akan menepati janji-Nya.
5.
Asy
Syakur
Asy Syakur diartikan sebagai Allah yang
mengembangkan dari amalan hamba-hamba-Nya meskipun sedikit dan melipatgandakan
ganjarannya (QS Al Baqarah: 261). Manusia wajib bersyukur atas segala karunia
yang diberikan Allah kepada kits. Firman Allah berkaitan dengan syukur ini,
antara lain sebagai berikut:
Artinya:
"Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan: Sesungguhnya jika kamu
bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu
mengingkari, maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (QS Ibrahim: 7).
Makna dan kapasitas Syakur Allah dan
manusia pasti berbeda. Pada hakikatnya, setiap pekerjaan atau sesuatu yang baik
lahir di alam ini adalah atas izin Allah semata. Apa yang balk dari did kita
pun berasal dari Allah semata. Oleh karena itu, pujian apa pun yang kita
sampaikan kepada siapa pun, akhirnya akan kembali pada Allah juga. Itulah
sebabnya kita diajarkan untuk mengucapkan hamdalah apabila kita bersyukur atas
nikmat-Nya.
6.
Al
Adil (Maha adil)
Pengertian adil
secara umum adalah meletakkan segala sesuatu pada tempatnya. Menurut pengertian
Islam, adil adalah menentukan suatu hukum berlandaskan kebenaran. Keadilan
Allah adalah keadilan yang hakiki dart berlaku bagi seluruh hamba-Nya. Firman
Allah swt.
Artinya:
“Barang siapa yang mengerjakan amal saleh, maka (pahalanya) untuk dirinya
sendiri dan barang siapa berbuat jahat, maka (dosanya) atas dirinya sendiri dan
sekali-kali tidaklah Tuhanmu menganiaya hamba-Nya" (QS Fussilat: 46).
Berdasarkan ayat
tersebut, Allah menentukan hukuman dan pahala sesuai dengan keadilan-Nya. Oleh
karena itu, agar tidak terjadi kezaliman dalam kehidupan hamba-Nya, Allah
memerintahkan kepada manusia supaya berbuat adil terhadap sesamanya. Firman
Allah swt.
Artinya:
Sesungguhnya Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan,
memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji,
kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat
mengambil pelajaran. (QS. An
Nahl: 90)
7.
Al
Gaffar (Maha Pengampun)
Manusia dalam hidupnya selalu mengalami
tarik menarik antara perbuatan dan buruk. Menurut Islam, perbuatan baik adalah
perbuatan yang sesuai dengan ketentuan agama. Jika menyimpang, maka perbuatan
itu termasuk perbuatan tidak baik dan berdosa. Dosa ada yang kecil dan ada yang
besar. Akan tetapi, barang siapa yang berdosa dan selama ia bertobat serta tidak
akan mengulangi perbuatan buruknya, maka ia akan diampuni oleh Allah karena Dia
Maha Pengampun.
Firman Allah SWT.
Artinya
: Tuhan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya Yang Maha Perkasa
lagi Maha Pengampun. ( QS. Sad : 66)
a.
Tauhid
dalam ibadah dan doa, yaitu dengan hanya menyembah dan memohon kepada Allah SWT.
b.
Tauhid
dalam dakwah dan pendidikan karena hanya Allah yang kuasa membukakan pintu hati
dan akal pikiran manusia.
c.
Tauhid
dalam berekonomi, yaitu bahwa hanya Allah yang mampu membukakan pintu rezeki
umat manusia.
d.
Tauhid
dalam manfaat, yaitu bahwa Allah kuasa memahami manfaat dan keberhasilan pada
diri manusia serta mencabutnya.
e.
Tauhid
dalam mudarat, yaitu hanya Allah yang mampu mendatangkan dan menghilangkan
bencana, petaka dan musibah.
f.
Tauhid
dalam ucapan, yaitu bismillah, alhamdulillah, insya Allah, dan lain-lain.
8.
Al
Hakim (Mahabijaksana)
Semua makhluk yang diciptakan Allah
tidak ada yang sia-sia karena satu dengan yang lainnya selalu terkait dan
Baling membutuhkan. Semuanya itu berdasarkan kebijaksanaan Allah. Demikian pula
ketika Allah menentukan suatu perintah kepada manusia. Apabila dalam keadaan
yang sulit, Allah memberikan keringanan, tetapi bila keadaan sudah biasa, maka
keringanan itu kembali seperti semula. Firman Allah SWT.
Artinya:
"Dan Dialah Tuhan (yang disembah) di langit dan Tuhan (yang disembah)
di bumi dan Dialah Yang Maha bijaksana lagi Maha Mengetahui. " (QS Az
Zukhruf : 84).
9.
Al
Maliku (Maha Merajai)
Allah-lah yang merajai seluruh alam
semesta. Artinya, kekuasaan Allah tidak ada batasnya. Dengan kekuasaan itu,
Allah mengatur dan memimpin makhluk-Nya yang dilandasi sifat kesempurnaan-Nya
serta tidak ada satu pun yang terlepas dari kemahakuasaan-Nya. Firman Allah
SWT.
Artinya:
'Maka Mahatinggi Allah, Raja yang sebenarnya, tidak ada Tuhan selain Dia. Tuhan
(yang memunyai) Arsy yang mulia. " (QS Al Mukminun: 116).
10.
Al
Hasib (Maha Menghitung)
Allah menciptakan alam semesta beserta
isinya berdasarkan perhitungan yang teliti dan tepat. Artinya, segala sesuatu
tercipta sesuai dengan kadarnya masing-masing. Demikian pula dengan perhitungan
amal manusia selama hidup di dunia. Baik atau buruknya amal tersebut akan
mendapat balasan seadil-adilnya di akhirat kelak karena tidak ada kesulitan
bagi Allah untuk menghitungnya. Firman Allah SWT.
Artinya:
“Apabila kamu dihormati dengan suatu penghormatan, maka balaslah penghormatan
itu dengan yang lebih baik, atau balaslah (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala
sesuatu.” (QS An Nisa: 86).
Beriman kepada Allah swt. dengan sifat
dan asma-Nya harus dihayati dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Demikian
pula ketika kita berdoa, hendaknya terlebih dahulu menyebut asma-Nya (lihat QS
Al A'raf 180).
C. Tanda Penghayatan Iman Kepada Allah
Dalam kehidupan
sehari-hari, manusia harus mencontoh dan mengamalkan sifat-sifat Allah yang
tertera dalam Asmaul Husna sebagaimana sudah disebutkan. Agar manusia dapat
melaksanakan hal tersebut, manusia harus menundukkan dan menjinakkan hawa
nafsunya. Mengenai hawa nafsu, Allah swt berfirman dalam Al-Qur’an.
Artinya:
"Sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu
yang diberi rahmat oleh Tuhan-ku. Sesungguhnya Tuhan-ku Maha Pengampun lagi
Maha Penyayang." (QS Yusuf: 53).
Imam Ghazali juga menyatakan bahwa hawa
nafsu lebih berbahaya bagi manusia daripada setan. Jika manusia mampu
menundukkan hawa nafsunya, maka is mampu menundukkan setan karena setan
menggunakan hawa nafsu manusia untuk menjerumuskan dirinya sendiri.
Orang yang benar-benar menghayati
terhadap iman kepada Allah, tentu dia memiliki tanda sebagai cermin
penghayatannya tersebut. Ada pun tanda-tandanya, antara lain sebagai berikut :
1.
Rajin
beribadah, baik ibadah mahdah maupun gairu mahdah.
2.
Berbudi
luhur dan memiliki sopan santun, baik dalam perbuatan maupun perkataannya.
Rasulullah saw. bersabda sebagai berikut.
عَنْ
اَبِى هُرَيْرَةَ قَلَ رَسُوْلُ اللهِ صلعم مَنْ كَانَ يُؤْ مِنُ بِاللهِ
وَالْيَوْمِ اْلاَخِرِ فَلاَ يُؤْذِ جَارَهُ وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ
وَاْلاَخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ
اْلاَخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْرًا اَوْلِيَصْمُتْ (رواه البخارى)
Artinya:
"Barang siapa beriman kepada Allah maupun hari akhir, janganlah menyakiti
tetangganya. Barang siapa yang beriman kepada Allah dan bari akhir, hendaklah
memuliakan para tamunya, dan barang siapa beriman kepada Allah dan hari akhir
hendaklah is berkata baik atau diam saja." (HR Bukhari).
3.
Bersifat
sabar, tabah, dan tawakal.
4.
Bersyukur
atas nikmat dari Allah SWT.
5.
Tidak
cepat putus asa dalam menghadapi cobaan dan ujian dari Allah SWT.
6.
Yakin
akan keadilan Allah karena setiap perbuatan pasti akan ada balasannya yang
setimpal.
D. Hikmah Beriman kepada Allah
Beriman kepada Allah mengandung banyak
hikmah, antara lain sebagai berikut.
1.
Akan
mengingatkan kita untuk bersikap tawadu atau rendah hati dan tidak sombong.
Dirinya akan menyadari bahwa sebagai makhluk yang lemah, is tidak ada artinya
di hadapan Allah SWT.
2.
Akan
melatih istikamah dalam kebenaran. Berani mengatakan benar jika memang itu
benar dan berani mengatakan salah jika itu memang salah.
3.
Memupuk
sifat qanaah atau menerima dengan ikhlas semua pemberian Allah setelah berusaha
dan berdoa.
4.
Tidak
cepat putus asa dalam menghadapi persoalan, dia sadar bahwa putus asa adalah
sifat orang yang kafir.
5.
Ia
akan mampu menerima kritik atau saran yang konstruktif.
6.
Bersyukur
atas nikmat pemberian Allah dan bersabar apabila ia mendapat cobaan.
Post a Comment