Headlines News :
Home » » RPP PAI XI Al-Qur'an 2

RPP PAI XI Al-Qur'an 2

Written By Aajum on Tuesday, July 5, 2011 | 6:06 AM


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

SATUAN PENDIDIKAN              :  SMA
MATA PELAJARAN                     : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
MATERI POKOK                          : QS. Al – Isro 26-27 dan QS Al-
  Baqoroh 177
KELAS / SEMESTER                    : XI / 1
WAKTU                                          : 4 jam, @ 45 menit

A.   Pertemuan Pertama
1.      Standar Kompetensi :
Memahami ayat – ayat Al – Qur’an tentang  perintah menyantuni kaum dhu’afa

2.      Kompetensi Dasar     :
a.       Membaca QS Al Isro’ 26 – 27 dan QS Al Baqoroh 177
b.      Menjelaskan arti QS Al Isro’ 26 – 27 dan QS Al Baqoroh 177
c.       Menampilkan perilaku menyantuni kaum du’afa sperti terkandung dalam QS Al Isro’ 26 – 27 dan QS Al Baqoroh 177

3.      Indikator                    :
a.       Mampu membaca QS Al- Isro’ 26-27 dan QS Al Baqoroh 177 dengan baik dan benar
b.       Mampu mengidentifikasi tajwid QS Al –Isro’ 26-27 dan QS Al Baqoroh 177
c.       Mampu memberikan contoh lafal yang sesuai dengan ilmu tajwid

4.      Tujuan Pembelajaran           : 
a.       Dapat membaca QS. Al-Isra 26-27, QS. Al-Baqarah 177.
b.      Dapat mengidentifikasi tajwid QS Al-isra 26-27, QS.Al-Baqarah 177.
c.       Dapat memberikan contoh lafal yang sesuai dengan tajwid

5.      Materi Pembelajaran            :

BAB
MATERI

A
Q.S. AL-ISRA 26-27


ÏN#uäur #sŒ 4n1öà)ø9$# ¼çm¤)ym tûüÅ3ó¡ÏJø9$#ur tûøó$#ur È@Î6¡¡9$# Ÿwur öÉjt7è? #·ƒÉö7s? ÇËÏÈ ¨bÎ) tûïÍÉjt6ßJø9$# (#þqçR%x. tbºuq÷zÎ) ÈûüÏÜ»u¤±9$# ( tb%x.ur ß`»sÜø¤±9$# ¾ÏmÎn/tÏ9 #Yqàÿx. ÇËÐÈ




B
Q.S. AL-BAQARAH 177


* }§øŠ©9 §ŽÉ9ø9$# br& (#q9uqè? öNä3ydqã_ãr Ÿ@t6Ï% É-ÎŽô³yJø9$# É>ÌøóyJø9$#ur £`Å3»s9ur §ŽÉ9ø9$# ô`tB z`tB#uä «!$$Î/ ÏQöquø9$#ur ÌÅzFy$# Ïpx6Í´¯»n=yJø9$#ur É=»tGÅ3ø9$#ur z`¿ÍhÎ;¨Z9$#ur tA#uäur tA$yJø9$# 4n?tã ¾ÏmÎm6ãm ÍrsŒ 4n1öà)ø9$# 4yJ»tGuŠø9$#ur tûüÅ3»|¡yJø9$#ur tûøó$#ur È@Î6¡¡9$# tû,Î#ͬ!$¡¡9$#ur Îûur ÅU$s%Ìh9$# uQ$s%r&ur no4qn=¢Á9$# tA#uäur no4qŸ2¨9$# šcqèùqßJø9$#ur öNÏdÏôgyèÎ/ #sŒÎ) (#rßyg»tã ( tûïÎŽÉ9»¢Á9$#ur Îû Ïä!$yù't7ø9$# Ïä!#§ŽœØ9$#ur tûüÏnur Ĩù't7ø9$# 3 y7Í´¯»s9'ré& tûïÏ%©!$# (#qè%y|¹ ( y7Í´¯»s9'ré&ur ãNèd tbqà)­GßJø9$# ÇÊÐÐÈ


C
IDENTIFIKASI TAJWID


Kalimat

Hukum Bacaan

Sebab / alasan


ÏN#uäur #sŒ 4n1öà)ø9$# ¼çm¤)ym
 tûüÅ3ó¡ÏJø9$#ur tûøó$#ur È
@Î6¡¡9$#
 Ÿwur öÉjt7è? #·ƒÉö7s?
 bÎ) t

ûïÍÉjt6ßJø9$# (#þqçR%x.
 tbºuq÷zÎ) ÈûüÏÜ»u¤±9$#
 ( tb%x.ur ß`»sÜø¤±9$#
 ¾ÏmÎn/tÏ9 #Yqàÿx. ÇËÐÈ








Mad shilah qashirah Thabi’i


Mad Thabi’i

Mad Thabi’i


Mad Iwadz

Ghunnah




Mad Thabi’i


Al-Syamsiyah


Mad Thabi’i

Mad Iwadz









Huruf Ha dlomah panjang


Ya sukun jatuh setelah kasrah

Ya sukun jatuh setelah kasrah


Alif berharakat tanwin di akhir kalimat dibaca waqaf

Nun bertasydid




Alif jatuh setelah fathah


Alif lam bertemu Syiin


Alif  jatuh setelah fathah

Fathah tanwin di akhir kalimat dibaca waqaf.
Q.S. AL-BAQARAH 177

* }§øŠ©9 §ŽÉ9ø9$#
 br& (#q9uqè? öNä3ydqã_ãr
Ÿ@t6Ï% É-ÎŽô³yJø9$#
 É>ÌøóyJø9$#ur £`Å3»s9ur
 §ŽÉ9ø9$# ô`tB z`tB#uä
 «!$$Î/ ÏQöquø9$#ur ÌÅzFy$#
 Ïpx6Í´¯»n=yJø9$#ur
 É=»tGÅ3ø9$#ur z
`¿ÍhÎ;¨Z9$#ur
 tA#uäur
 tA$yJø9$# 4n?tã
¾ÏmÎm6ãm ÍrsŒ 4n1öà)ø9$# 4
yJ»tGuŠø9$#ur tûüÅ3»|¡yJø9$#ur
 tûøó$#ur È@Î6¡¡9$#
 tû,Î#ͬ!$¡¡9$#ur

 Îûur ÅU$s%Ìh9$# u
Q$s%r&ur n
o4qn=¢Á9$#
tA#uäur no4qŸ2¨9$# š
cqèùqßJø9$#ur ö
NÏdÏôgyèÎ/ #sŒÎ) (#rßyg»tã (
 tûïÎŽÉ9»¢Á9$#ur
 Îû Ïä!$yù't7ø9$# Ï
ä!#§ŽœØ9$#ur
 tûüÏnur Ĩù't7ø9$# 3
 y7Í´¯»s9'ré& tûïÏ%©!$# (#qè%y|¹ ( y
7Í´¯»s9'ré&ur ãNèd tbqà)­GßJø9$# ÇÊÐÐÈ





Al-Qomariyah

Ifhfa


Ra Tarqiq

Ghunnah


Ra Tafhim, Idhar


Al-Qamariyah

Mad Wajib Mutsaqol kilmi


Al-Qamariyah

Mad Tamkin


Mad Thabi’i

Mad Thabi’i


Mad Shilah Qashirah


Al-Qamariyah

Al-Syamsiyah


Mad Wajib Muttashil



Al-Syamsiyah

Mad Thabi’i


Al-Syamsiyah

Mad Thabi’i


Mad Thabi’i


Idhar Syafawi

Ra Tarqiq


Mad Wajib Muttashil

Mad Wajib Muttashil


Mad Thabi’i

Mad wajib Mutsaqol Kilmi


Mad ‘arid lissukun.






Alif lam bertemu Ba

Nun mati bertemu Ta


Ra berharakat kasrah

Nun bertasydid


Ra berharakat kasrah, nun mati bertemu alif.


Alif lam bertemu Ya




Alif lam bertemu Kaf

Ya mati jatuh setelah huruf bertasydid berharakat kasrah.

Alib jatuh setelah fathah

Alif jatuh setelah fathah


Huruf ha berkharakat kasrah panjang.


Alif lam bertemu huruf Ya

Alif lam bertemu huruf Siin.


Mad thabi’I bertemu dengan huruf hamzah dalam satu kalimat.


Alif lam bertemu huruf

Alif  jatuh setelah harakat fathah


Alif lam bertemu shad

Alif jatuh setelah fathah


Wawu sukun jatuh setelah harakat dhommah


Mim mati bertemu alif

Ra berharakat kasrah

Mad thabi’I bertemu hamzah dalam satu kalimat


Mad thabi’I bertemu hamzah dalam satu kalimat


Ya mati jatuh setelah kasrah




Mad thabi’I diakhir kalimat dibaca waqaf.





6.      Metode Pembelajaran           :
a.       Ceramah.
b.      Latihan/ Drill,
c.       Penugasan,
d.      Diskusi,
e.       Tanya Jawab.

7.      Langkah pembelajaran :
a.       Pendahuluan
v  Salam dan do’a awal pembelajaran
v  Tadarus QS Al – Isro’ 26 – 27 dan QS Al Baqoroh 177
v  Apersepsi dan motivasi :
1.      S : Termasuk surat ke berapa QS. Al-Isra ?
2.      J : Surat ke
3.      S : Siapakah orang yang berbuat baik itu ?
4.      J : Yaitu orang yang beriman, beramal shalih, percaya pada hari akhir, malaikat, kitab nabi, mendirikan shalat, menepati janji, sabar, dll.

b.      Kegiatan Inti.
v  Guru menjelaskan isi kandungan QS Al  Isro 26 – 27 dan QS Al Baqoroh 177
v  Guru memberikan n tujuan pembelajaran
v  Kegiatan Inti kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan guru menjawab
v  Guru memberikan tugas diskusi kelompok ( 4 – 5  siswa ), dan dipresentasikan
v  Guru dan siswa lain menanggapi hasil presentasi.
c.       Penutup
Ø  Guru membimbing siswa dalam menyimpulkan materi yang disampaikan
Ø  Guru memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa untuk memperoleh gambaran pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan.
Ø  Evaluasi ( tugas individu / LKS )
      
8.      Sumber
a.       Al Qur’an
b.      Buku PAI

9.      Penilaian     
a.       Tehnik       :
1)      Tes awal,
2)      tes inti,
3)      tes akhir.
b.      Bentuk      : Tes awal ( lisan ), tes inti ( lisan dan tulisan ), tes akhir ( tulis)
c.       Instrumen  :
1)      Lisan : membaca,
2)      Tulis : menulis kalimat ( potongan ayat ), hukum bacaan dan alasan.



3)      Instrumen soal pertemuan pertama


SOAL-SOAL

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d atau e sesuai jawaban yang paling tepat !

1
Cara membaca kalimat “Ÿ#·ƒÉö7s? öÉjt7è?wur  “ yang benar adalah ….

a.       Walaa tubadzdzir tabdziiraa
b.      Waala tubadziir tabdzir
c.       Walaa tubadzir tabdziir
d.      Wala tubadz tubadzir
e.       Walaa tubadziir tabdziir
2

¨   #Yqàÿx.¾ÏmÎn/tÏ9ß`»sÜø¤±9$#( tb%x.urÈûüÏÜ»u¤±9$#tbºuq÷zÎ) t (#þqçR%x.tûïÍÉjt6ßJø9$#¨bÎ) t t È ( t

Hukum bacaan pada kalimat yang bergaris bawah adalah …
a.       Ghunnah, al syamsiyah, mad ashli, mad shilah
b.      Ghunnah, idhar, iqlab, mad ashli
c.       Ikhfa, mad ashli, ghunnah. Idghom bighunnah.
d.      Idhar syafawi, ghunnah, iqlab, mad ashli
e.       Mad ashli, ghunnah, ikhfa, idhar
3
Yang termasuk hak bagi anak adalah …
a.       mendapat upah kerja
b.      mendapat biaya pendidikan/ sekolah
c.       mendapat uang belanja
d.      mengerjakan tugas sehari-hari
e.       melaksanakan kepatuhan
4
Yang berhak mendapatkan santunan menurut Qs Al-Isra ayat 26 adalah …
a.       Kerabat, yatim piatu, janda
b.      Kerabat, miskin, musafir
c.       Kerabat, musafir, mujahid
d.      Yatim, miskin, fakir
e.       Musafir, janda, sabilillah
5
Yang menjadi saudara syetan menurut Qs Al-Isra ayat 27 adalah …
a.       Musafir
b.      Masakin
c.       Pemboros
d.      Pembohong
e.       Penjudi dan koruptor
6
}§øŠ©9 §ŽÉ9ø9$# br& (#q9uqè? öNä3ydqã_ãrŸ@t6Ï% É-ÎŽô³yJø9$#
Lanjutan ayat di atas adalah …
a.


b.


c.


d.

e.

É>ÌøóyJø9$#ur £`Å3»s9ur §ŽÉ9ø9$# ô`tB z`tB#uä
 «!$$Î/ ÏQöquø9$#ur ÌÅzFy$#
öÉjt7è?wur#·ƒÉö7s?#·ƒÉö7s?
 Ïpx6Í´¯»n=yJø9$#ur
 É=»tGÅ3ø9$#ur z




7
§ É-ÎŽô³yJø9$# Ÿ@t6Ï%öNä3ydqã_ãr (#q9uqè?br&ŽÉ9ø9$#§øŠ©9 (
8
Pada kalimat yang bergaris bawah terdapat beberapa bacaan, yaitu ..
a.       Ikhfa, idhar, mad asli
b.      Iqlab, mad layin
c.       Qolqolah, tafhim, ghunah
d.      Al qomariyah, ikhfa, mad ashli
e.       Al-syamsiyah, ikhfa, mad jais
9
Bacaan mad wajib mutashil terdapat pada kalimat …
a.

b.

c.


d.

e.
no4qŸ2¨9$# š
cqèùqßJø9$#ur ö
NÏdÏôgyèÎ/ #sŒÎ) (#rßyg»tã (
 tûïÎŽÉ9»¢Á9$#ur
 Îû Ïä!$yù't7ø9$# Ï

10
Potongan ayat-ayat di bawah ini adalah masih acak, tertibkanlah dengan mengurutkan sesuai angka-angka yang tepat !

7Í´¯»s9'ré&

1
( y7Í´¯»s9'ré&ur

2
ûïÏ%©!$#

3
#qè%y|¹ (

4


ãNèd tbqà)­GßJø9$#
5
                                                                                                                                      

a.   2, 4, 3, 5, 1        
c.       2, 4, 1, 3, 5
d.      2, 5, 3, 1, 4
e.       5, 4, 3, 2, 1
f.       1, 3, 4, 2, 5




URAIAN
1
Salin, susun dan beri harakat ayat di bawah ini !

* }§øŠ©9 §ŽÉ9ø9$# br& (#q9uqè? öNä3ydqã_ãr Ÿ@t6Ï% É-ÎŽô³yJø9$# É>ÌøóyJø9$#ur £`Å3»s9ur §ŽÉ9ø9$# ô`tB z`tB#uä «!$$Î/ ÏQöquø9$#ur ÌÅzFy$# Ïpx6Í´¯»n=yJø9$#ur É=»tGÅ3ø9$#ur z`¿ÍhÎ;¨Z9$#ur tA#uäur tA$yJø9$# 4n?tã ¾ÏmÎm6ãm ÍrsŒ 4n1öà)ø9$# 4yJ»tGuŠø9$#ur tûüÅ3»|¡yJø9$#ur tûøó$#ur È@Î6¡¡9$# tû,Î#ͬ!$¡¡9$#ur Îûur ÅU$s%Ìh9$#

2
Sebutkan hukum bacaan pada kalimat yang digaris bawah pada ayat di atas dan berikan juga alasannya !
3
Sebutkan isi kandungan Qs Al-Baqarah ayat 177 ?

B.     Pertemuan Kedua
1.      Standar Kompetensi :
Memahami ayat – ayat Al – Qur’an tentang  perintah menyantuni kaum dhu’afa

2.      Kompetensi Dasar     :
a.       Membaca QS Al Isro’ 26 – 27 dan QS Al Baqoroh 177
b.      Menjelaskan arti QS Al Isro’ 26 – 27 dan QS Al Baqoroh 177
c.       Menampilkan perilaku menyantuni kaum du’afa sperti terkandung dalam QS Al Isro’ 26 – 27 dan QS Al Baqoroh 177

3.      Indikator                    :
a.       Mampu menterjemahkan secara mufrodat QS Al  Isro’ 26 – 27 dan QS Al Baqoroh 177
b.      Mampu menterjemahkan secara ijmal QS Al Isro’ 26 – 27 dan QS Al Baqoroh 177
c.       Mampu menggali kandungan QS Al  Isro’ 26-27 dan QS Al Baqoroh 177 tentangn menyantuni kaum du’afa
d.      Mampu menerapakan QS Al Isro’ 26 -27 dan QS Al Baqoroh 177

4.      Tujuan Pembelajaran           :   
a.       Mampu menterjemahkan secara mufrodat QS Al  Isro’ 26 – 27 dan QS Al Baqoroh 177
b.      Mampu menterjemahkan secara ijmal QS Al Isro’ 26 – 27 dan QS Al Baqoroh 177
c.       Mampu menggali kandungan QS Al  Isro’ 26-27 dan QS Al Baqoroh 177 tentangn menyantuni kaum du’afa
d.      Mampu menerapakan QS Al Isro’ 26 -27 dan QS Al Baqoroh 177

5.      Materi Pembelajaran            :

QS. AL-ISRA 26-27
ARTI PERKALIMAT/ LAFADZ



ÏN#uäur #sŒ 4n1öà)ø9$# ¼çm¤)ym
 tûüÅ3ó¡ÏJø9$#ur
ûøó$#ur @Î6¡¡9$#
È Ÿwur öÉjt7è? #·ƒÉö7s?
 bÎ) t
ûïÍÉjt6ßJø9$# (#þqçR%x.
 tbºuq÷zÎ) ÈûüÏÜ»u¤±9$#
 ( tb%x.ur ß`»sÜø¤±9$#
 ¾ÏmÎn/tÏ9 #Yqàÿx. ÇËÐÈ




 Dan berikanlah kepada keluarga-keluarga yang dekat akan haknya,

kepada orang miskin


 dan orang yang dalam perjalanan


dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros.
 Sesungguhnya


pemboros-pemboros itu adalah

 Saudara-saudara syaita


 dan syaitan itu adalah sangat


 ingkar kepada Tuhannya.


QS. AL-BAQARAH 177

ARTI PERKALIMAT/ LAFADZ



* }§øŠ©9 §ŽÉ9ø9$#
 br& (#q9uqè? öNä3ydqã_ãr
Ÿ@t6Ï% É-ÎŽô³yJø9$#
 É>ÌøóyJø9$#ur £`Å3»s9ur
 §ŽÉ9ø9$# ô`tB z`tB#uä
 «!$$Î/ ÏQöquø9$#ur ÌÅzFy$#
 Ïpx6Í´¯»n=yJø9$#ur
 É=»tGÅ3ø9$#ur z
`¿ÍhÎ;¨Z9$#ur
 tA#uäur
 tA$yJø9$# 4n?tã
¾ÏmÎm6ãm ÍrsŒ 4n1öà)ø9$# 4
yJ»tGuŠø9$#ur tûüÅ3»|¡yJø9$#ur
 tûøó$#ur È@Î6¡¡9$#
 tû,Î#ͬ!$¡¡9$#ur
 Îûur ÅU$s%Ìh9$# u
Q$s%r&ur n
o4qn=¢Á9$#
tA#uäur no4qŸ2¨9$# š
cqèùqßJø9$#ur ö
NÏdÏôgyèÎ/ #sŒÎ) (#rßyg»tã (
 tûïÎŽÉ9»¢Á9$#ur
 Îû Ïä!$yù't7ø9$# Ï
ä!#§ŽœØ9$#ur
 tûüÏnur Ĩù't7ø9$# 3
 y7Í´¯»s9'ré& tûïÏ%©!$#
 (#qè%y|¹ ( y
7Í´¯»s9'ré&ur ãNèd tbqà)­GßJø9$# ÇÊÐÐÈ






Bukanlah kebajikan itu

menghadapkan wajahmu


ke arah timur

dan barat itu suatu kebajikan,akan tetapi Sesungguhnya

kebajikan itu ialah beriman


kepada Allah, hari Kemudian,

malaikat-malaikat,



kitab-kitab,


nabi-nabi


dan memberikan

 harta


yang dicintainya kepada kerabatnya,

anak-anak yatim, orang-orang miskin,


musafir (yang memerlukan pertolongan)

dan orang-orang yang meminta-minta;


dan (memerdekakan) hamba sahaya,

mendirikan


shalat,


dan menunaikan zakat;


 dan orang-orang yang menepati

 janjinya apabila ia berjanji,

 dan orang-orang yang sabar


dalam kesempitan,

penderitaan


 dan dalam peperangan.


mereka Itulah orang-orang

 yang benar (imannya);

 dan mereka Itulah orang-orang yang bertakwa.



6.      Metode Pembelajaran           :
a.       Ceramah,
b.      Drill/ Latihan,
c.       Penugasan,
d.      Diskusi,
e.       tanya jawab.

7.      Langkah-Langkah Pembelajaran :
a.       Pendahuluan.
1)      Salam dan berdo’a mau belajar.
2)      Apersepsi dan motivasi :
a)      S :Mengapa manusia itu harus saling menyantuni ?
b)      J : Sebab manusia itu pada dasarnya saling mebutuhkan satu sama lain.
c)      S: Bagaimana jika orang kaya tidak mau menyantuni kaum lemah/ miskin ?
d)     4 J : Maka tidak akan tercapai pemerataan hak, pemerataan kehidupan, yang kaya semakin kaya yang miskin tambah miskin, timbul kerusuhan dalam hidup, yang miskin mencuri yang kaya, sehingga kehidupan saling berprasangka buruk.
b.      Kegiatan Inti
1)      Guru menjelaskan isi kandungan QS Al – Isro’ 26-27 dan QSD Al Baqoroh 177
2)      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan guru menjawab
3)      Guru memberikan tugas diskusi kelompok ( 4 – 5  siswa ), dan dipresentasikan
4)      Guru dan siswa lain menanggapi hasil presentasi.
    c.  Penutup
1)      Guru membimbing siswa dalam menyimpulkan materi yang disampaikan
2)      Guru memberikan pertanyaan kepada beberapa siswa untuk memperoleh gambaran pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan.
3)      Evaluasi ( tugas individu / LKS
8.      Sumber
a.       Al Qur’an
b.      Buku PAI Kelas XI
c.       LKS MGMP PAI Kelas XI
9.      Penilaian :
a.       Tehnik       : Tes awal, tes inti, tes akhir.
b.      Bentuk      : Tes awal ( lisan ), tes inti ( lisan dan tulisan ), tes akhir (tulis)
c.       Instrumen  :
1)      Lisan : membaca,
2)      Tulis : menulis kalimat ( potongan ayat ), hukum bacaan dan alasan.
3)      Instrumen soal pertemuan kedua



SOAL

1
Terjemahkanlah kalimat-kalimat di bawah ini

>ÌøóyJø9$#ur
 £`Å3»s9ur ŽÉ9ø9$# ô`tB z`tB#uä
 «!$$Î/ ÏQöquø9$#ur ÌÅzFy$#
 Ïpx6Í´¯»n=yJø9$#ur
 É=»tGÅ3ø9$#ur z
`¿ÍhÎ;¨Z9$#ur

2
Artikan ayat di bawah ini dengan lengkap !

ÏN#uäur #sŒ 4n1öà)ø9$# ¼çm¤)ym tûüÅ3ó¡ÏJø9$#urûøó$#ur @Î6¡¡9$#È Ÿwur öÉjt7è? #·ƒÉö7s? bÎ) tûïÍÉjt6ßJø9$# (#þqçR%x. tbºuq÷zÎ) ÈûüÏÜ»u¤±9$#
 ( t`»sÜø¤±9$#b%x.ur ßÏmÎn/tÏ9 #Yqàÿx.

3
Apa saja isi kandungan Qs Al-Isra 26-27 ?

C.    Pertemuan Ketiga
1.      Standar Kompetensi :
Memahami ayat – ayat Al – Qur’an tentang  perintah menyantuni kaum dhu’afa

2.      Kompetensi Dasar     :
a.       Membaca QS Al Isro’ 26 – 27 dan QS Al Baqoroh 177
b.      Menjelaskan arti QS Al Isro’ 26 – 27 dan QS Al Baqoroh 177
c.       Menampilkan perilaku menyantuni kaum du’afa sperti terkandung dalam QS Al Isro’ 26 – 27 dan QS Al Baqoroh 177

3.      Indikator                    :
Mampu menampilkan perilaku menyantuni kaum dlu’afa seperti terkandung dalam  QS Al  Isro’ 26 – 27 dan QS Al Baqoroh 177


4.      Tujuan Pembelajaran:
Mampu menampilkan perilaku menyantuni kaum dlu’afa seperti terkandung dalam  QS Al  Isro’ 26 – 27 dan QS Al Baqoroh 177
           
5.      Materi Pembelajaran :

Ø   
Memotivasi siswa berfikir untuk mencari contoh perbuatan / perilaku yang termasuk menyantuni kaum kerabat/ keluarga dekat.
 
Ø   
Memotivasi siswa berfikir untuk mencari contoh perbuatan / perilaku yang termasuk menyantuni kaum miskin, ibnu sabil.
 
Ø   
Guru menugaskan kepada siswa secara berkelompok untuk mengidentifikasi perbuatan/ perilaku sehari-hari yang mencerminkan perilaku menyantuni kaum dlu’afa
Ø   
Guru Guru menugaskan kepada siswa secara berkelompok untuk mencari contoh perbuatan berlebih-lebihan/ menghambur-hamburkan harta yang dilakukan oleh pelajar/ siswa Indonesia..
Ø   
Guru mempersilahkan kepada perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
Ø   
Guru mempersilahkan kepada siswa yang lain untuk menyampaikan pendapa/ pertanyaan.
Ø   
Guru memyimpulkan materi tentang berkompetisi dalam kebaikan.

6.      Metode Pembelajaran           :
a.       Ceramah,
b.      Diskusi,
c.       tanya jawab.

7.      Langkah-Langkah Pembelajaran   :
a.       Pendahuluan
1)        Salam dan do’a awal pembelajaran
2)        Tadarus QS Al – Isra 26-27 dan QS Al-Baqarah 177.
3)        Apersepsi dan motivasi :
a)      S : Berikan contoh sikap menyantuni kaum dlu’afa/ dalam hal ini orang miskin ?
b)      J : Kita memberi hak mereka, yaitu harta yang ada pada kita/ orang kaya ada sebagian menjadi hak mereka, maka zakat dan infak adalah solusinya.
c)      S : Apa yang dimaksud dengan sikap berlebih-lebihan dalam memberi nafkah pada keluarga ?
d)     J : Yaitu memberikan nafkah sesuai dengan kebutuhan, keperluan dan tidak berlebih-lebihan.
b.      Kegiatan Inti
Ø   
Memotivasi siswa berfikir untuk mencari contoh perbuatan / perilaku yang termasuk menyantuni kaum kerabat/ keluarga dekat.
 
Ø   
Memotivasi siswa berfikir untuk mencari contoh perbuatan / perilaku yang termasuk menyantuni kaum miskin, ibnu sabil.
 
Ø   
Guru menugaskan kepada siswa secara berkelompok untuk mengidentifikasi perbuatan/ perilaku sehari-hari yang mencerminkan perilaku menyantuni kaum dlu’afa
Ø   
Guru Guru menugaskan kepada siswa secara berkelompok untuk mencari contoh perbuatan berlebih-lebihan/ menghambur-hamburkan harta yang dilakukan oleh pelajar/ siswa Indonesia..
Ø   
Guru mempersilahkan kepada perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
Ø   
Guru mempersilahkan kepada siswa yang lain untuk menyampaikan pendapa/ pertanyaan.
Ø   
Guru memyimpulkan materi tentang berkompetisi dalam kebaikan.
c.       Penutup
Guru membimbing siswa dalam menyimpulkan materi yang disampaikan
      
8.      Sumber
a.       Al Qur’an
b.      Buku PAI Kelas XI
c.       LKS MGMP PAI Kelas XI

9.      Penilaian :
a.       Tehnik       : Tes awal, tes inti, tes akhir.
b.      Bentuk      : Tes awal ( lisan ), tes inti ( lisan dan tulisan ), tes akhir ( tulis)
c.       Instrumen  :
1)      Lisan : membaca,
2)      Tulis : menulis kalimat ( potongan ayat ), hukum bacaan dan alasan.
3)      Instrumen soal pertemuan ketiga
Guru mengadakan penilaian perbuatan siswa sehari-hari baik di dalam kelas, di luar kelas dan di luar sekolah.

.

..............................
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah





......................... ..
...................................................
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INTISARI QUR'AN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger