Headlines News :
Home » » Tuntunan Haji dan Umroh

Tuntunan Haji dan Umroh

Written By Aajum on Tuesday, July 5, 2011 | 1:06 AM


A. Macam-macam pelaksanaan Haji.
1. Tamattu’ : mendahulukan umroh dari pada haji,seorang berniat ihrom hanya untuk umroh saja sampai pelaksanaan umroh selesai. Kemudian pada saat haji tiba,berihrom lagi untuk haji.(membayar dam).
2. Qiron : seorang berniat ihrom untuk umroh dan haji sekaligus,dan tetap dalam keadaan ihrom sampai hari nahr ( tanggal 10 dzulhijjah )
3. Ifrod : seorang mendahulukan haji dari pada umroh dan ia tetap dalam keadaan ihrom sampai amalan-amalan hajinya selesai, setelah itu ia baru melaksanakan umroh (membayar dam).

B. CARA HAJI JAMA’AH HAJI INDONESIA
Dengan mempertimbangkan alasan sar’i, kemudahan dalam pelaksanaan dan lain-lain, maka jama’ah haji Indonesia dalam pelaksanaan hajinya menggunakan cara haji tamattu.
Dalam prakteknya pemberangkatan jama’ah haji Indonesia dibagi menjadi dua gelombang.
Jama’ah haji yang berasal dari Kabupaten Cilacap kadang-kadang mendapat gelombang pertama atau kedua
1. Gelombang I.
Jama’ah haji berangkat dari Bandara Adi Sumarmo (Solo) menuju Jiddah, turun di Bandara King Abdul Azis, lalu menuju Madinah untuk ziarah di Masjid Nabawi. Setelah kurang lebih 8 hari,jama’ah meninggalkan Madinah menuju Dzulkhulaifah/ Abyar a’li / Bir ‘ali (miqotnya penduduk Madinah dan jama’ah haji Indonesia gelombang I)
untuk melakukan Ihrom. Kemudian jama’ah berangkat ke Makkah untuk mengerjakan Umroh (Thowaf dan Sa’i) di Baitullah.
2. Gelombang II.
Jama’ah haji berangkat dari Bandara Adi Sumarno (Solo) menuju Jiddah, turun di Bandara King Abdul Azis. Gelombang II ini melakukan Ihrom di Yalamlam (masih berada di atas pesawat). Yalamlam adalah miqotnya penduduk Yaman dan Jama’ah Haji Indonesia gelombang II. Lalu berangkat ke Makkah untuk Umroh
Share this post :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. INTISARI QUR'AN - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger